Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2023, 09:22 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah kamu pecinta budaya Negeri Sakura atau mungkin seorang wibu sejati? Bagi yang belum familiar, wibu bukan hanya sekadar istilah, melainkan suatu bentuk kecintaan mendalam pada segala hal yang berbau Jepang, dari anime hingga makanan lezat.

Umumnya, menjadi wibu juga berkaitan erat dengan kesukaan pada costum player (cosplay) karena kegiatan tersebut adalah salah satu ekspresi cinta pada budaya Jepang.

Salah satu cosplayer Indonesia yang berhasil meraih panggung internasional adalah Mizuki Otawa, yang aslinya bernama Michael Tanuwijaya.

Hobi cosplay Otawa telah muncul sejak akhir tahun 2010. Awalnya dia sedang berjalan-jalan di mall ketika melihat sebuah acara cosplay. Dari situ, muncul ketertarikan untuk ikut mencoba dan berpartisipasi di beberapa acara cosplay.

Dengan konsistensinya, Otawa sukses membuat cosplay armornya sendiri pada tahun 2012 yang akhirnya diikutkan pada sebuah lomba cosplay di mall BLU Bekasi. Langkah inilah yang memberikan kesenangan sekaligus kepuasan tersendiri sehingga dia melanjutkan hobinya ke jenjang yang lebih serius dengan terus mengikuti berbagai lomba.

“Dari 2012 itu aku mulai membuat kostumnya sendiri dan juga mengikuti lomba-lomba yang diadakan di mall-mall.” ujar Otawa dalam konferensi pers ANIMART Indonesia 2023, Rabu (4/10/2023) di Jakarta.

Beranjak dari hobi, Otawa pun menetapkan passion-nya, berpindah ke ranah profesional dengan keahlian cosplay-nya.

“Tidak cuma lomba, aku juga pernah ambil job di beberapa acara TV dan aku juga mulai ambil orderan untuk teman-teman yang mau cosplay. Kalo bisa dibilang, cosplay ini jadi sumber penghasilan,” tambah Otawa ketika ditanyai mengenai perpindahan cosplay dari hobi menjadi profesi.

Dengan pengalaman-pengalaman yang telah didapatkannya, Mizuki Otawa sukses membuat karakter cosplay-nya sendiri yaitu barong yang kemudian dipercaya oleh Kemendikbud untuk membawakannya sebagai representasi Indonesian’s pop culture di Jerman, Inggris, serta Malaysia.

Tak hanya itu, reputasinya yang baik dengan kreativitas tinggi, membuat dia dipilih menjadi perwakilan Indonesia dalam Comic Con 2019 di Chicago.

Membicarakan mengenai kostum-kostum yang telah dibuat dan dikenakannya, Mizuki berbagi beberapa trik dalam pembuatan kostum cosplay.

"Untuk semua proses pembuatan kostum, saya belajar secara otodidak. Dan membuat kostum bukan hanya tentang mendesain dan membentuk tapi juga memahami karakter yang mana merupakan kunci utama dalam cosplay,” ucapnya.

Namun, meskipun tampak menyenangkan dan mengesankan, pekerjaan sebagai seorang cosplayer bukanlah sesuatu yang sepenuhnya mudah. Menyesuaikan bahan dengan cuaca merupakan hal yang sulit, misalnya ketika sedang panas, kostum yang dikenakan tidak dapat menyerap keringat ataupun memberikan hawa dingin.

Otawa pun menyarankan agar sebelum kita tampil dengan cosplay, kita sebaiknya mengisi energi tubuh terlebih dahulu dengan makan ataupun banyak minum sehingga ketika hawa panas menyerang, kita masih dapat tetap menahannya.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa durasi maksimal yang biasanya dia tetapkan dalam penggunaan kostum ialah 5 jam, tidak lebih, untuk mencegah rasa tidak nyaman ataupun hal-hal yang tidak diinginkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com