Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Joe Taslim Menjaga Kesehatan Mental Keluarga, Salah Satunya Lewat Warna

Kompas.com - 13/10/2023, 11:58 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Joe Taslim yang dikenal sebagai seorang aktor dan seniman bela diri, telah menjelajahi banyak peran dan mengeksplorasi berbagai warna dalam karirnya.

Meski dalam film kerap beradegan berkelahi, namun dalam hidup sehari-hari Joe Taslim ternyata peka terhadap isu-isu sosial, termasuk masalah kesehatan mental.

Ayah tiga orang anak ini prihatin akan kondisi kesehatan mental yang semakin rentan karena adanya isu bullying di Indonesia.

“Sebagai pribadi dan seorang ayah dari anak yang sedang tumbuh dan berkembang, saya turut merasa prihatin dengan kondisi anak dan remaja saat ini yang berjibaku dengan kesehatan mental,” ucapnya dalam Launching “Avian Brands Support Mental Health with Healing Colours” di Bintaro, Rabu (10/10/2023).

Disamping bullying, menurutnya sosial media pun menjadi salah satu faktor yang kerap mempengaruhi kesehatan mental seseorang terutama anak dari seorang selebritis.

Maka dari itu, banyak selebritis --termasuk Joe Taslim-- yang menjaga anak-anak mereka dari sosial media demi kesehatan mental yang lebih baik.

“Informasi digital itu sulit untuk di-filter meskipun kita para orang tua sudah melakukan yang terbaik. Mau dibatasi screentime-nya ataupun dikondisikan penggunaan HP-nya, anak-anak selalu menemukan cara untuk mendapatkan segala bentuk informasi, baik untuk anak-anak ataupun untuk dewasa,” katanya.

Karenanya Joe Taslim juga menggarisbawahi pentingnya komunikasi terbuka dalam keluarga sebagai kunci utama dalam menjaga kesehatan mental anak-anak.

"Untuk menjaga kesehatan mental anak, kita juga perlu menjadi teman mereka dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan emosional, membantu mereka dalam menghadapi tekanan sehari-hari, serta menjaga kestabilan kesehatan mental mereka," lanjutnya.

Selain itu, Joe Taslim juga menghadirkan warna-warna penghilang stres sebagai bagian dekorasi rumahnya.

“Di rumah yang harus menjadi tempat teraman dan ternyaman di mana kita selalu ingin pulang, aku menggunakan warna yang bisa menstimulasi mood kita apalagi setelah pulang kerja. Warna di rumah itu penting,” ujar Joe Taslim.

Baca juga: 6 Pilihan Warna Cat Rumah yang Bisa Bikin Bahagia

Benarkah warna bisa mempengaruhi suasana hati?

Penelitian menyebutkan bahwa warna-warna tertentu bisa membuat suasana hati lebih tenang dan damai. Kita bisa memakai warna-warna tertentu untuk berbagai ruangan di dalam rumah agar memunculkan suasana yang menenteramkan hati.

Ade Binarko, Founder of SehatMental.id, membenarkan adanya manfaat dari warna-warna bagi proses pencegahan dan penyembuhan gangguan kesehatan mental.

“Dari pengalaman pribadi, juga sharing dari para member komunitas kami, jelas jika warna-warna tertentu sangat membantu meningkatkan mood dan juga membantu melepaskan stress. Hal ini tentu saja menjadi faktor yang mempercepat proses perbaikan mereka yang memiliki mental health issue.”

Adapun isu kesehatan mental tersebut dipicu oleh banyak hal, di antaranya ekonomi, kesepian, masalah pekerjaan, trauma masa lalu, tekanan dari pasangan, dan lainnya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com