Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2023, 07:07 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernikahan kerajaan telah lama menjadi sorotan utama di dunia, tidak hanya karena nilai sejarah dan budayanya yang kaya, tetapi juga karena kemegahan dan kemewahan yang luar biasa.

Acara-acara ini sering kali menjadi peristiwa yang memukau dan mengundang perhatian dunia. Dari harta warisan yang indah hingga pesta yang mewah, pernikahan kerajaan selalu menghadirkan cerita cinta yang dipenuhi kemegahan.

Berikut 10 pernikahan kerajaan termahal yang pernah ada.

Pangeran Felipe dan Letizia Ortiz Rocasolano, Spanyol

Pada tahun 2004, Raja dan Ratu Spanyol menikah di Katedral Santa María la Real de La Almudena di Madrid. Di depan 1.200 tamu, pengantin pria kerajaan, Letizia Ortiz, berikrar janji sucinya.

Gaun Manuel Pertegaz yang dipakai oleh pengantin perempuan sangat indah, dihiasi dengan sulaman emas, dan memiliki kereta sepanjang 4,27 meter. Pada resepsi pernikahan.

Tak hanya itu, terdapat kue setinggi 2,13 meter dan 1.000 botol sampanye disajikan kepada para tamu.

Upacara pernikahan kerajaan Spanyol diyakini menghabiskan biaya sekitar USD 25-30 juta atau setara dengan Rp 399 - 478 miliar. Bahkan, siaran televisi upacara tersebut berhasil menarik perhatian 25 juta penonton di Spanyol.

Baca juga: Ratu Victoria dan Tradisi Gaun Putih Para Pengantin Kerajaan Inggris

Pangeran William dan Kate Middleton, Inggris

Pada tahun 2011, pernikahan ikonik pasangan kerajaan ini berlangsung di Westminster Abbey. Keseluruhan pernikahan ini menghabiskan biaya sekitar USD 34 juta setara dengan Rp 540 miliar, dimana USD 32 juta atau setara dengan Rp 509 miliar dialokasikan untuk keamanan.

Kate memakai gaun renda buatan tangan Alexander McQueen yang cantik, dilengkapi dengan kereta berukuran 2,7 meter.

Siaran global pernikahan ini berhasil menarik perhatian sekitar tiga juta penonton, sementara hampir 1.900 tamu menyaksikan di tempat tersebut. Resepsi kemudian diadakan di Istana Buckingham.

Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan dan Putri Salama, Abu Dhabi

Pasangan kerajaan ini membuat sejarah di Guinness Book of World Records dengan menggelar pernikahan paling mahal dalam sejarah modern. Pada tahun 1981, upacara pernikahan mereka digelar di sebuah stadion yang mampu menampung 20.000 tamu.

Pesta pernikahan berlangsung selama seminggu penuh. Meskipun hanya beberapa foto yang dirilis ke publik, kabarnya keluarga kerajaan ini menghabiskan sekitar USD 100 juta atau setara Rp 1,591 triliun untuk pernikahan mewah mereka.

Menurut laporan Forbes, hadiah pernikahan untuk putri mereka disampaikan oleh 20 ekor unta yang dihiasi dengan permata selama upacara berlangsung.

Putri Hajah Hafizah Sururul Bolkiah dan Pengiran Haji Muhammad Ruzaini

Putri Sultan Brunei, sebagai pengantin wanita kerajaan, menikahi pria non-bangsawan pada tahun 2012. Upacara pernikahan yang rumit digelar di istana ayahnya yang memiliki 1.700 kamar di Pulau Kalimantan, diikuti dengan perayaan pernikahan selama seminggu.

Total biaya acara kerajaan mencapai hampir USD 20 juta atau setara dengan Rp 318 miliar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com