Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andien Ajak Perempuan agar Menjaga Kesehatan Payudara

Kompas.com - 29/10/2023, 12:37 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyanyi Andien Aisyah membagikan pengalamannya yang sempat memiliki tumor di area payudara saat baru berusia 16 tahun. Ketika itu dia merasakan ada benjolan aneh yang tumbuh di payudaranya dan mengira itu adalah kanker.

Meski sempat mengalami ketakutan dan kebingungan apa yang harus dilakukan, namun dia menyadari kalau bejolan itu lama-lama semakin mengkhawatirkan.

"Gede sih, benjolannya sebesar bakso gede gitu. Awalnya curiga, kok benjolannya semakin bisa dipegang. Karena benjolannya semakin nyata, jadi aku merasa aku harus memberi tahu ibuku karena pada saat itu aku benar-benar enggak tahu benjolan ini tuh apa,"

Demikian kata Andien saat ditemui Kompas.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: 5 Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Risiko Kanker Payudara 

Pada akhirnya Andien pun memberanikan diri untuk cerita ibunya tentang kondisi yang dia alami untuk segera mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Pelantun "Gemintang" juga menjalani tindakan operasi pengangkatan tumor payudara di usia muda. Ia merasa lega karena benjolan yang dialaminya itu bukan kanker, melainkan tumor payudara.

Berdasarkan pengalaman itu pula, Andien aktif memberikan pesan kepada banyak perempuan khususnya perempuan muda agar semakin peduli menjaga kesehatan payudaranya.

Dia mengatakan, jika memang ada sesuatu yang dirasa aneh khususnya benjolan di payudara, sebaiknya jangan dianggap remeh.

Sebab jika tidak segera didiagnosis, ada kemungkinan benjolan pada payudara itu berkembang menjadi tumor ganas atau kanker payudara.

"Jadi ya pada saat itu aku cukup kaget. Mungkin kalau cerita ke teman-teman sebaya pada saat itu, mereka pun tidak tahu kondisi yang aku alami,"

"Peduli dengan kondisi dan kesehatan payudara itu penting. Saya berharap saat ini orang-orang bisa menormalisasikan saja tentang kondisi payudara seperti kita ngomongin kesehatan tubuh yang lain," tambahnya.

Baca juga: Mengenal Mammografi, Manfaat, dan Caranya untuk Pemeriksaan Kanker Payudara 

Selain itu, ibu dua anak ini juga mengimbau bagi generasi muda khususnya perempuan untuk peduli dengan kondisi kesehatan payudaranya melalui SADARI (periksa payudara sendiri) secara rutin.

Andien pun merasakan betul jika kepedulian kita tinggi pada kondisi kesehatan payudara, hal itu bisa menurunkan risiko kematian hingga meningkatkan peluang kesembuhan akibat kanker payudara.

"Ayo kita membicarakan ini (seputar kesehatan payudara) secara normal atau bicarakan tentang kesehatan payudara ini ya sama seperti jantung dan kesehatan lain. Kalau kita lebih peduli dengan kesehatan kanker payudara, bisa komunikasi terbuka, berbagai risiko dari masalah payudara juga bisa diminimalisasi," pungkasnya.

Baca juga: Berbalut Wastra Nusantara, Andien Jadi Barbie dengan Kearifan Lokal 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com