Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Brand Jam Tangan di Bawah Rp 8 Juta yang Terlihat Mewah

Kompas.com - 02/11/2023, 15:14 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Ada berbagai brand jam tangan yang menjual produknya dengan harga ratusan juta hingga miliaran rupiah. Pembelinya kebanyakan para selebriti dan kolektor yang memakainya penuh gengsi.

Namun untuk menikmati dunia horologi, kita sebenarnya tidak selalu harus mengeluarkan banyak uang. Terdapat merek jam tangan terjangkau yang tetap menawarkan tampilan keren dan mewah, sekaligus fungsional dalam kisaran harga Rp 1,5 juta hingga Rp 8 juta.

Dari arloji selam klasik, sportif, outdoor, hingga jam tangan elegan, merek-merek ini menyediakan penunjuk waktu berkualitas yang tidak akan mengecewakan.

Walau harganya tak selangit, namun merek-merek ini tidak hanya terlihat bagus dan berfungsi dengan andal, tetapi juga bertahan dalam waktu lama hingga beberapa dekade dari sekarang.

Baca juga: Jam Tangan Capres dan Cawapres 2024, Mana yang Paling Mahal?

Bila kamu pendatang baru di bidang horologi, atau sedang ingin menambah koleksi dengan anggaran terbatas, berikut merek-merek jam tangan terbaik yang kebanyakan koleksinya bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp 8 juta.

1. Seiko

Seiko Presage White Enamel Seiko Presage White Enamel
Seiko adalah brand terkemuka dalam industri jam tangan dengan sejarah yang kaya sejak tahun 1881. Terkenal karena inovasinya, Seiko memperkenalkan jam tangan kuarsa pada tahun 1969 dan merupakan salah satu dari sedikit perusahaan jam tangan yang membuat semuanya sendiri.

Seiko menangani setiap aspek mulai dari perancangan, desain hingga proses produksinya --termasuk pembuatan mesin jam-- dalam pabrik yang sama.

Raksasa Jepang ini menawarkan berbagai macam jam tangan berkualitas tinggi, yang memenuhi berbagai anggaran. Kita dapat menemukan jam tangan kuarsa sederhana mulai dari 2 juta rupiah.

Banyak jam tangan Seiko di bawah 8 juta rupiah menggunakan mesin kuarsa meskipun ada juga pilihan otomatis yang terjangkau.

Berkat skala produksi besar-besaran dan kemampuan internalnya, Seiko menyediakan jam tangan otomatis berkualitas mengesankan dengan harga pantas. Jam tangan ini tidak hanya menawarkan biaya awal yang terjangkau namun juga kepemilikan jangka panjang dengan pilihan suku cadang dan servis yang mudah didapat.

Jajaran produk Seiko yang beragam mencakup lini Prospex yang menawarkan jam tangan selam fungsional, kronograf, dan GMT, sedangkan lini Presage menghadirkan jam tangan resmi yang elegan.

Lini Seiko 5 lebih menonjol karena perpaduan gaya dan fungsionalitas, menampilkan jam tangan selam dan lapangan otomatis yang dirancang untuk menemani berbagai aktivitas, mulai dari mendaki gunung hingga menyelam di terumbu karang, hingga kegiatan sehari-hari.

Meski begitu, Seiko juga mengeluarkan versi mewahnya dengan nama Grand Seiko. Produknya antara lain seri Spring Drive yang terkenal sebagai salah satu jam tangan paling akurat di dunia.

Baca juga: Arloji Seiko Sisik Komodo, Curi Perhatian Bamsoet dan Sandiaga Uno

2. Timex

Timex Easy Reader 35mm Timex Easy Reader 35mm
Timex berdiri sebagai warisan terakhir brand jam tangan Amerika dari kota Connecticut dengan sejarah yang menyaksikan pasang surutnya waktu. Muncul sebagai Timex dari Waterbury Watch Co. pada tahun 1941, perusahaan ini menyediakan jam tangan yang sederhana, andal, dan terjangkau bagi masyarakat.

Tahun 60an dan 70an adalah tahun dimana brand ini mempersembahkan jam tangan pria terkesan bersahaja, sedangkan tahun 80-an merupakan era jam tangan digital, dan tahun 90-an melahirkan jam tangan olahraga.

Namun, momen penentu merek ini terjadi pada tahun 2008 ketika mengalami transformasi besar dan bertransisi ke pasar jam tangan bergaya.

Pada kolaborasi triathlon Ironman tahun 1986, Timex memelopori kategori jam tangan olahraga dan memperkenalkan sistem Indiglo yang dipatenkan, sebuah lampu latar tampilan jam yang diaktifkan dengan tombol.

Sejak 2010, Timex mendefinisikan ulang fashion pria dengan lini Marlin dan Q-nya yang disempurnakan melalui kolaborasi dengan merek pakaian pria ternama seperti J.Crew dan Todd Snyder, memasukkan gaya vintage Amerika ke dalam identitasnya.

Timex juga menawarkan koleksi jam tangan mekanis dan otomatis yang mengesankan di bawah 8 juta rupiah yang masing-masing menampilkan beragam gaya dan fungsi.

Sementara jam tangan kuarsa mereka terus berevolusi dengan desain setiap musim, transformasi yang menonjol terletak pada evolusi Timex dari jam tangan utilitarian menjadi jam tangan penentu tren.

M79, jam tangan selam klasik dalam berbagai warna dengan gerakan otomatis atau kuarsa, merupakan salah satu jam buatan brand ini yang secara sempurna mewujudkan esensi Timex modern.

Baca juga: Jam Tangan Legendaris TIMEX Kembali Hadir di Indonesia

3. Citizen

Citizen Eco-Drive One Citizen Eco-Drive One
Citizen, salah satu brand jam tangan populer dari Jepang, membawa pengalaman selama satu abad ke dunia horologis. Didirikan pada tahun 1918 melalui kolaborasi Swiss-Jepang di Yokohama, Citizen berkomitmen untuk menciptakan jam tangan yang terjangkau dan bermanfaat, serta melayani masyarakat luas.

Salah satu prestasi yang patut dicatat adalah penggabungan teknologi mutakhir --digambarkan dengan hadirnya seri kronograf, menampilkan layar digital inset yang memperluas kemampuan jam tangan melampaui mesin mekanis.

Gerakan Eco-Drive Citizen yang inovatif memanfaatkan kekuatan cahaya dari sumber mana pun, menjadikan kebutuhan akan baterai tidak diperlukan lagi dan memastikan ketepatan waktu yang akurat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com