Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Orang Tua di Sampul Album Led Zeppelin IV Terpecahkan

Kompas.com - 10/11/2023, 11:51 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Led Zeppelin IV -- album studio ke-empat band rock Inggris, Led Zeppelin, dirilis pada tanggal 8 November 1971. Perilisan album 51 tahun yang lalu itu memberi pengaruh besar pada dunia musik rock yang terasa hingga saat ini.

Album tersebut berisi rekaman beberapa lagu hits milik band ini, termasuk “Black Dog” dan “Stairway to Heaven”, dengan sampul bergambar seorang lelaki tua membungkuk membawa setumpuk ranting di punggungnya.

Sudah lama orang bertanya-tanya siapakah lelaki tua yang ada di sampul album tersebut?

Nah, seorang peneliti di Universitas West of England, Brian Edwards, yang secara rutin menjelajahi internet untuk mencari temuan lelang, tanpa sengaja melihat gambar yang sangat mirip dengan lelaki tua itu di sebuah album foto bergaya Victoria.

“Ada sesuatu yang terasa familiar ketika saya melihat foto itu,” katanya dikutip New York Times.

Setelah menghubungi Museum Wiltshire yang sebelumnya membeli album foto tersebut, Edwards menemukan bahwa Ernest Howard Farmer adalah fotografer di balik album foto tersebut, dan lelaki tua dalam gambar ternyata bernama Lot Long, seorang tukang jerami lokal yang tinggal di Mere.

“Kedengarannya seperti pekerjaan detektif yang sempurna, tapi sebenarnya ada banyak keberuntungan yang menuntun saya menemukan orang ini,” tambah Edwards.

Bagaimana band ini bisa mendapatkan gambarnya sendiri masih menjadi misteri. Legenda mengatakan bahwa vokalis Led Zeppelin, Robert Plant, dan gitaris, Jimmy Page, sedang menjelajahi toko barang antik pada masa-masa itu, ketika mereka melihat foto berwarna lelaki tua dalam sebuah album foto.

Foto tersebut rupanya menarik perhatian Plant dan Page, dan akhirnya dipilih menjadi sampul rekaman album studio ke-empat mereka.

Sehubungan dengan album tersebut, pameran yang akan datang di Wiltshire akan menampilkan lebih dari 100 gambar dari album foto Victoria yang, menurut museumnya, menangkap semangat masyarakat, desa, dan lanskap Wiltshire dan Dorset. Acara ini akan ditayangkan mulai 6 April 2024 hingga 15 September 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com