Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peduli Lingkungan, Chris Martin Punya Sneaker Daur Ulang dari Sampah

Kompas.com - 18/11/2023, 12:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Euforia konser Coldplay yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, beberapa hari lalu, tampaknya masih terasa, terutama bagi para penggemar di Indonesia.

Sang vokalis, Chris Martin, pun menjadi sorotan bukan hanya karena berbagai aksi menariknya di atas panggung, tetapi juga fokus kepeduliannya terhadap lingkungan hidup.

Selama ini, Chris dan kawan-kawan kerap terlibat dalam kampanye maupun aktivisme lingkungan yang mendorong perubahan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Bahkan, hampir di setiap tur konsernya, Coldplay berupaya menerapkan kebiasaan yang lebih ramah lingkungan demi mengurangi jejak emsisi karbon.

Baca juga: Mengenal Kapal Pembersih Sampah Neon Moon II yang Disumbangkan Coldplay ke Sungai Cisadane

Punya sneaker dari daur ulang sampah

Secara khusus, kepedulian terhadap lingkungan ini juga mendorong Chris untuk menggunakan outfit yang lebih lestari (sustainable) dan minim sampah.

Misalnya, ketika tur album Music of the Spheres pada tahun 2021 lalu, pria berusia 46 tahun itu tampak menggunakan sneaker yang terbuat dari daur ulang sampah atau limbah sneaker bekas.

Sneaker tersebut memiliki beberapa warna berbeda yang sangat mencolok dan terlihat eye catching.

Di bagian atas terdapat warna-warna yang lebih gelap seperti ungu dan hitam, sedangkan di bagian sol dipenuhi dengan warna kuning, oranye, biru muda, serta merah muda yang menyala.

"Sepatu saya terbuat dari 70 pasang sepatu bekas, yang diambil dari sampah untuk disatukan kembali," ujar Chris seperti dikutip dari laman X @coldplayxtra.

Seorang pengguna X lain @AniqIzzudin pun mengatakan bahwa sneaker daur ulang yang dikenakan oleh Chris Martin berasal dari merek sepatu asal Perancis, Hoka One One.

"Namanya Hoka One One EVO Mafate. Yang asli sebelum Chris meng-kustomnya. Nyaman dan empuk," tulisnya.

Hoka One One EVO Mafate sendiri merupakan sepatu lari (trail running sneaker) yang tangguh dan nyaman. Tidak heran bila akhirnya sepatu ini menjadi pilihan untuk didaur ulang.

Aksi kepedulian lingkungan Chris Martin dan band Coldplay tampaknya masih akan terus berlanjut.

Terakhir, Coldplay menyumbangkan kapal pembersih sampah Interceptor 020 untuk membantu mengatasi masalah lingkungan di sungai Cisadane, Tangerang, Banten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com