Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buumi, Tempat Bermain Anak Bertema Wonder Forest di Plaza Senayan

Kompas.com - 09/12/2023, 13:44 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com — Bermain adalah kebutuhan dan keinginan alami setiap orang. Lewat bermain, anak belajar banyak hal, dapat mengenal aturan, bersosialisasi, beradaptasi, menempatkan diri, menata emosi, belajar toleransi, kerja sama, dan menjunjung tinggi sportivitas.

Manfaat ini terutama didapatkan bila anak bermain bersama teman-temannya, atau bermain sambil beraktivitas, bukan bermain game atau gadget.

Sayangnya saat ini kita lebih banyak menjumpai anak tenggelam dalam permainan elektronik dengan dawai mereka. Meski gadget juga bisa memberikan manfaat, namun anak di usia yang lebih muda membutuhkan permainan yang lebih dinamis dan memberi rangsangan untuk bertumbuh.

Ketika tempat bermain anak makin langka, Buumi Playscape, membuka lokasi kedua playground mereka di Plaza Senayan.

Tempat bermain indoor yang mengangkat tema ‘Wonder Forest’ ini fokus pada pendidikan anak usia dini melalui kegiatan bermain edukatif, bagi anak berusia 12 bulan hingga 10 tahun.

Buumi Playscape, tempat bermain anak di Plaza Senayan. Buumi Playscape, tempat bermain anak di Plaza Senayan.
“Seiring perkembangan zaman, aktivitas screen time pada anak terus meningkat dan berpotensi mengalihkan kegiatan bermain yang sesungguhnya. Buumi Playscape hadir untuk menawarkan tempat bermain yang dapat membantu perkembangan sosialisasi dan kreativitas anak.”

Demikian diungkapkan Natasha Guna selaku Co-founder Buumi Playscape dan Chief Executive Officer PT Sentra Bermain Pacific di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Baca juga: Ketahui Manfaat Membiarkan Anak Bermain

Permainan bertema

Hal yang menonjol dari Buumi adalah taman bermain bertema yang didukung desain interior unik. Digambarkan sebagai hutan penuh imajinasi 'Wonder Forest', menyediakan Tree House, Caterpillar Tunnel, Ant's House, Baby's Lounge, Rayya's Classroom, Satya's Night Forest, dan Imaginative Leaves Climbing.

Tempat bermain ini bukan sekedar tema, tapi juga menyertakan unsur pendidikan di dalamnya. Di Ant's House misalnya, anak belajar mengenal seperti apa rumah semut, sekaligus berlatih motoris agar tidak menginjak "telur semut."

Selain itu, terdapat pula kelas-kelas yang dapat diikuti seperti kelas sensori, literasi, art and craft, dance, STEAM, dan masih banyak lagi.

Buumi Playscape, tempat bermain anak di Plaza Senayan. Buumi Playscape, tempat bermain anak di Plaza Senayan.
"Pentingnya real play dalam perkembangan anak, terutama pada masa awal tumbuh kembang, tidak dapat diremehkan," ungkap Damar W. Wijayanti, S.I.P, Montessori Dipl Edu.

"Bermain merupakan fondasi kritis dalam pembentukan keterampilan sosial, kognitif, dan fisik. Melalui bermain, anak-anak belajar mengeksplorasi, menemukan, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka, yang membentuk dasar bagi pembelajaran seumur hidup."

"Penting bagi kita untuk menyediakan lingkungan bermain yang aman dan stimulatif, di mana anak dapat berkembang secara alami dan sesuai dengan ritme mereka," lanjutnya.

Baca juga: Berikan Keleluasaan Anak Bermain Hingga Usia 7 Tahun

Bisa untuk anak berkebutuhan khusus

Menariknya lagi, sesuai kampanye #BuumiUntukSemua, Buumi Playscape Plaza Senayan memberikan ruang bermain yang aman dan nyaman bagi setiap anak termasuk bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus atau disabilitas.

"Karenanya Buumi menghadirkan berbagai karakter, termasuk anak yang memakai hearing aid, leukemia, albino, down syndrome, dan lain-lain, tujuannya agar anak terbiasa dengan perbedaan dan bisa menerima semua oran," ujar Natasha.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com