BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Amild

Menggagas Inspirasi dari Dunia Virtual, Bisa?

Kompas.com - 15/12/2023, 10:07 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Perkembangan teknologi digital yang pesat semakin memudahkan hidup, termasuk dalam urusan mencari inspirasi. Sebelumnya, seseorang harus pergi keluar rumah atau berkunjung ke suatu tempat atau bertemu orang baru untuk mendapatkan hal tersebut.

Kini, berbekal koneksi internet dan gawai, inspirasi apa pun bisa ditemukan di dunia virtual, mulai dari seni, musik, teknologi, hingga fesyen.

Inspirasi yang bertebaran di dunia virtual pun tak kalah menarik dari dunia nyata. Bahkan, ada pula yang bersifat out of the box.

Tidak hanya untuk mencari ide, dunia virtual juga menjadi wadah bagi para pegiat dan penikmat seni untuk menyalurkan kebutuhannya yang kemudian disebut sebagai virtual exhibition.

Virtual exhibition disukai berkat pengalaman visual dan audio yang ditawarkan. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat karya secara lebih dekat dan detail lewat fitur zoom. Apalagi, jika karya yang dipamerkan dibuat oleh seniman luar negeri favorit. Hal ini dapat memberikan kesenangan tersendiri.

Jika dibandingkan pameran offline, kesempatan tersebut belum tentu bisa didapat. Sebab, karya-karya yang dipajang biasanya dibatasi tali untuk menghindari kerusakan akibat sentuhan pengunjung.

Sementara, bagi orang yang baru menekuni seni, kehadiran virtual exhibition membuka peluang untuk belajar.

Alasan lain virtual exhibition diminati adalah pengunjung tidak perlu repot melakukan perjalanan menuju lokasi acara. Pameran ini bisa dinikmati dari mana saja dan dalam posisi apa saja.

Itu baru visual art. Inspirasi di bidang lain juga bisa dicari di dunia virtual. Misalnya, musik. Kamu bisa mendengarkan musik dari berbagai genre, bahkan dari musisi yang belum pernah didengar sebelumnya.

Selain itu, kamu juga bisa belajar tentang proses kreatif pembuatan musik. Banyak musisi membagikan video atau tutorial tentang cara mereka membuat lagu.

Begitu juga ketika tengah mencari inspirasi aransemen lagi. Kebutuhan ini bisa didapat di dunia virtual. Asalkan pandai eksplorasi, siapa saja bisa mendapatkan info yang inspiratif di dunia virtual.

Hal sama juga berlaku dalam urusan fesyen. Beragam sumber inspirasi berbusana dari berbagai negara dapat ditemukan di dunia virtual. Kamu pun bisa mencoba gaya tersebut lewat platform-platform fesyen virtual untuk mengetahui gaya mana yang paling cocok.

Ruang virtual inspiratif

Di era digital ini, informasi tersedia dalam berbagai bentuk dan jumlah yang sangat banyak. Hal ini dapat menjadi keuntungan dan sekaligus tantangan. Tantangan yang dimaksud adalah kebingungan memulai dari mana untuk mencari inspirasi.

Jika masih bingung harus mulai dari mana untuk mencari inspirasi di dunia virtual, kamu bisa mencoba platform yang menawarkan berbagai macam pengalaman virtual yang lebih seru dari berbagai bidang, mulai dari seni, musik, mode, teknologi hingga tantangan yang mengasah kreativitas serta sisi inovatif.

Penasaran? Yuk, klik di sini sekarang juga dan temukan inspirasi tak terduga!


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com