Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2024, 16:16 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar Senen, Jakarta dapat menjadi tujuan belanja menarik untuk thrifting, terlebih jika ingin mencari jaket bermerek dan berkualitas baik dengan harga miring.

Mencari jaket di Pasar Senen juga tak cuma berhemat, tapi dapat memberikan kita beragam pilihan gaya unik dan yang pasti koleksinya berbeda dari jaket yang ada di toko konvensional.

Khususnya di lantai 2, area blok III, Pasar Senen, Jakarta, di tempat ini banyak tersedia pilihan jaket yang beragam.

Mulai dari jaket bergaya vintage, jaket musim dingin, trench coat, parka, varsity, hoodie, windbreaker hingga jaket kulit untuk naik motor.

M. Caesar, salah satu staf penjual jaket di Pasar Senen mengakui, jaket menjadi barang terlaris yang dicari masyarakat, khususnya di kalangan anak muda.

"Paling laris windbreaker sama jaket buat motoran. Harganya beragam, ada yang Rp 80.000 hingga Rp 200.000 tergantung kualitas dan kondisinya, masih bisa nawar kok," ujar Caesar saat ditemui Kompas.com di lokasi, baru-baru ini.

Baca juga: 7 Tips Thrifting di Pasar Senen, Bawa Uang Tunai dan Tentukan Tujuan

Berdasarkan pantauan langsung Kompas.com di Pasar Senen, (Senin, 8/1/2024), sebagian besar toko penjual jaket memang dipadati pengunjung dari siang hingga menjelang sore.

Beberapa di antaranya ada yang hanya sekadar melihat koleksi-koleksi jaket hingga berniat membelinya langsung jika bertemu dengan jaket yang cocok sesuai bujetnya.

Misalnya saja Alex, 19, seorang mahasiswa dari Jakarta. Dia bersama seorang teman ke Pasar Senen untuk mencari jaket.

Meski belum menemukan jaket yang cocok, tetapi paling tidak rasa penasarannya mencari koleksi jaket incaran bisa terpuaskan saat belanja di Pasar Senen.

"Enggak sering tapi pernah beberapa kali ke Pasar Senen. Kali ini lagi cari jaket yang harganya murah kayak windbreaker juga sih," katanya kepada Kompas.com.

Di sisi lain, Mel, perempuan yang juga seorang staf dari toko jaket di Pasar Senen juga mengatakan, pelanggan yang datang ke tokonya juga kerap mencari koleksi jaket seperti hoodie atau sweater.

Namun ada sedikit perbedaan karakter pembeli yang dia rasakan. Jika dulu banyak orang atau kolektor mencari jaket dari merek ternama di Pasar Senen, kini masih tetap ada, tapi tidak terlalu banyak.

Thrifting jaket di Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/1/2024).KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Thrifting jaket di Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/1/2024).

Kata Mel, justru mayoritas pelanggan kini tidak melihat merek jaket sebagai prioritas melainkan kualitas hingga harganya yang pas di kantong anak muda.

"Biasanya mencari yang bagus-bagus, enggak lusuh atau warnanya lah palingan enggak terlalu pudar," jelas Mel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com