Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat-kiat Bertahan dalam Hubungan LDR dan Membuatnya Langgeng

Kompas.com - 10/01/2024, 20:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Brides

KOMPAS.com - Menjalin hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) butuh usaha yang besar untuk memastikan kamu dan pasangan tetap terhubung satu sama lain, meski tidak bersama secara fisik.

Apalagi, hubungan LDR sangat rentan terhadap masalah yang seringkali terjadi, baik dari dalam maupun luar hubungan, yang bisa membuat hubungan tidak berhasil.

Seorang life coach dan pakar hubungan, Kavita Patel pun mengatakan, hubungan emosional dan dukungan sangat penting dalam hubungan jarak jauh.

"Tetap berhubungan dan melibatkan satu sama lain dalam perasaan dan situasi sehari-hari sangat ampuh untuk menjaga keintiman tetap mengalir," ujar dia.

Baca juga: 7 Kunci Keberhasilan agar LDR Tetap Awet

Untuk mendapatkan saran tentang cara bertahan dalam hubungan LDR dan membuatnya langgeng, Patel pun membagikan kiat-kiat berikut ini, seperti dikutip dari laman Brides.

Kiat-kiat LDR langgeng

1. Menjaga komunikasi dengan baik

Menjaga komunikasi dengan baik adalah kunci hubungan LDR yang langgeng. Kita bisa berkomunikasi lewat telepon atau video call.

"Luangkan waktu untuk melakukan percakapan yang mendalam di mana kalian dapat mendengar suara satu sama lain atau melihat wajah satu sama lain," terangnya.

Menanyakan kabar pasangan di pagi hari dan malam hari sebelum tidur juga sangat penting.

"Kita bisa merasa terhubung di awal dan akhir hari. Dengan begitu, meskipun kita tidak bersama secara fisik, kita tetap merasa menjadi bagian dari hari-hari satu sama lain," ujar dia.

Dalam hubungan jarak jauh, pagi dan malam hari juga bisa menjadi waktu-waktu di mana kita merasa paling kesepian karena pada saat itulah kita biasanya akan berduaan dengan pasangan.

"Selain itu, banyak hal yang bisa terjadi pada kita dalam satu hari secara emosional, jadi dengan saling bertanya atau memberi kabar, kalian bisa merasa mendapat dukungan emosional," kata Patel.

"Memiliki dukungan emosional itu juga benar-benar menunjukkan kekuatan hubungan," jelas dia.

2. Bertemu dan menghabiskan waktu bersama

Menurut Patel, sangat penting untuk bertemu satu sama lain sesering mungkin.

"Saya tahu bahwa hal ini akan terasa sulit, namun ini penting," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk bertemu satu sama lain secara langsung setidaknya setiap tiga bulan sekali. Lebih baik lagi jika kita bisa mengusahakan untuk bertemu setiap bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com