Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bahaya Tidak Mengganti Bra Secara Rutin, Perempuan Wajib Tahu 

Kompas.com - 21/01/2024, 12:35 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bra berfungsi untuk melindungi payudara dari gesekan langsung dengan pakaian luar, yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Pada umumnya, bra dirancang dari bahan yang menyerap keringat, sehingga membantu menjaga area payudara tetap kering dan nyaman.

Baca juga:

Namun demikian, perempuan wajib mengganti bra secara rutin. Sebab, ada sejumlah risiko atau bahaya tidak mengganti bra secara rutin yang perlu diwaspadai kaum hawa. 

Dokter spesialis kulti, Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.DVE, FINSDV, FAADV, menjelaskan, kebersihan bra sangat penting untuk kesehatan kulit, karena pakaian intim ini bersentuhan langsung dengan kulit. 

“Tidak mengganti atau mencuci bra dalam kurun waktu yang disarankan dapat menimbulkan beberapa masalah,” jelas Fitria saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (20/1/2024). 

Ganti bra berapa hari sekali?

ilustrasi bra, berikut bahaya tidak mengganti bra secara rutinPEXELS/ANTONIUS FERETT ilustrasi bra, berikut bahaya tidak mengganti bra secara rutin

Fitria mengatakan, durasi mengganti bra bergantung pada aktivitas dan preferensi pribadi dari pemakainya. Untuk aktivitas normal yang tidak terlalu berkeringat, lanjut Fitria, cukup mengganti bra sehari sekali.  

“Untuk kegiatan sehari-hari yang tidak terlalu mengeluarkan keringat, mengganti bra satu kali sehari atau setiap hari (sekali) cukup,” tuturnya.  

Sebaliknya, disarankan lebih sering mengganti bra saat cuaca panas sehingga banyak berkeringat dan segera mengganti bra usai aktivitas fisik yang intens, seperti olahraga. 

Durasi mengganti bra juga bergantung dari kondisi khusus pemakai seperti kulit sensitif. Bagi pemilik kulit sensitif, Fitria menyarankan untuk mengganti bra lebih sering untuk menghindari iritasi. 

Preferensi pribadi juga dapat mempengaruhi durasi durasi pemakaian bra. 

“Beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman dengan mengganti bra lebih sering, terutama jika mereka sangat aktif atau memiliki preferensi kebersihan tertentu,” tuturnya. 

Baca juga:

Dihubungi terpisah, dokter spesialis kulit, dr. Matahari Arsy, SpDVE, menuturkan hal serupa. Menurutnya, penggantian bra disesuaikan dengan sejumlah kondisi dan bahan bra itu sendiri. 

Untuk bra sehari-hari, kata Matahari, sebaiknya diganti setelah satu hingga tiga kali pemakaian. 

Matahari menuturkan, bra dapat digunakan hingga maksimal tiga kali pemakaian. Dengan catatan, apabila pemakai beraktivitas di tempat yang dingin, sehingga tidak berkeringat, serta menggunakan bra berbahan lembut dan menyerap keringat. 

“Tetapi apabila melakukan aktivitas berat, berkeringat, cuaca panas, bahan bra sulit menyerap keringat, maka segera ganti dengan bra baru setelah aktivitas tersebut,” tuturnya. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com