Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Usah Malu, Laki-laki Juga Bisa Perawatan di Klinik Kecantikan

Kompas.com - 01/02/2024, 11:21 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakar dermatologi sekaligus co-founder MEN/O/LOGY by ZAP, dr. Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV mengungkap perawatan wajah akan jauh lebih terlihat hasilnya jika diimbangi dengan treatment di klinik kecantikan

Hal tersebut tak hanya berlaku pada perempuan saja, tetapi juga laki-laki.

Namun biasanya, kata Endi, para laki-laki enggan pergi ke klinik kecantikan karena dianggap identik dengan kesan feminin. 

“Masih banyak anggapan bahwa pergi ke klinik kecantikan itu hanya untuk wanita. Karena itu, laki-laki yang biasanya memang ada keinginan untuk ke sana (klinik kecantikan), jadi mengurungkan niat,” ujar Endi kepada wartawan, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (30/1/2024). 

Atas hal itu, Endi pun akhirnya menyarankan agar laki-laki melakukan riset atau konsultasi terlebih dahulu sebelum akhirnya pergi ke klinik kecantikan untuk perawatan. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Klinik Kecantikan di Depok yang Populer

Baca juga: 5 Tips Memilih Skincare untuk Laki-laki, Sesuaikan dengan Aktivitas

Tak usah malu, konsultasi dulu

Pakar dermatologi sekaligus Co-founder MEN/O/LOGY by ZAP, dr. Endi Novianto, SpKK, FINSDV, FAADV saat diwawancarai awak media seusai presscon peluncuran laporan survei ZAP Beauty and MEN/O/LOGY Index 2024, Selasa (30/1/2024).KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Pakar dermatologi sekaligus Co-founder MEN/O/LOGY by ZAP, dr. Endi Novianto, SpKK, FINSDV, FAADV saat diwawancarai awak media seusai presscon peluncuran laporan survei ZAP Beauty and MEN/O/LOGY Index 2024, Selasa (30/1/2024).

Endi mengatakan, kebanyakan laki-laki masih bingung dengan apa yang harus dilakukan jika ingin melakukan perawatan di klinik. 

Namun, ia menyarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu di internet tentang jenis treatment apa yang akan dipilih. 

“Pertama itu harus tau mau treatment apa. Paling mudah kalau sudah tahu jenis kulit dan keluhannya, sih. Tapi kalau memang belum, ya tidak apa-apa juga,” kata Endi. 

Untuk laki-laki yang belum tahu jenis treatment yang akan dipilih, Endi menyarankan untuk langsung datang saja ke klinik, dan minta konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. 

“Yang utama itu konsultasi, jadi bisa tahu tindakan yang tepat untuk wajah kalian. Nggak usah malu, pasti akan dilayani kok,” kata Endi sambil terkekeh. 

Perawatan yang sering dilakukan laki-laki di klinik

Ilustrasi klinik kecantikanDok. Shutterstock/Prostock-studio Ilustrasi klinik kecantikan

Dalam kesempatan yang sama, Endi juga mengungkap tiga jenis perawatan yang paling sering dipilih laki-laki di klinik kecantikan. 

“Yang paling sering itu treatment untuk ngurangin minyak di wajah, lalu treatment jerawat, dan yang terakhir itu PRP (Platelet-Rich Plasma) untuk mengatasi kebotakan,” tuturnya. 

Endi pun juga menyinggung keberadaan klinik perawatan wajah khusus untuk laki-laki, yakni MEN/O/LOGY by ZAP. 

Ia mengatakan, laki-laki tak perlu malu lagi jika ingin melakukan perawatan wajah di klinik, karena sudah ada klinik yang memang dirancang khusus untuk laki-laki, dengan treatment dan tampilan yang lebih maskulin dibanding klinik perawatan wajah lainnya. 

“Makanya sekarang hadir MEN/O/LOGY ini untuk mengakomodir keinginan laki-laki yang juga ingin merasakan treatment di klinik kecantikan tanpa dianggap feminin,” pungkasnya.

Baca juga: 5 Rahasia Awet Muda secara Alami Tanpa Perawatan di Klinik

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com