Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Lipstik Matte? Ketahui Cara Pakainya agar Bibir Tidak Kering 

Kompas.com - 04/02/2024, 10:20 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Lipstik matte adalah jenis lipstik yang banyak diincar oleh kalangan beauty enthusiast. Sebelum memakai, kamu perlu mengetahui tekstur dan karakter lipstik matte sehingga hasilnya maksimal. 

Lipstik merupakan produk make up yang dimiliki hampir semua perempuan agar wajah tampak berseri. Selain pilihan warna, kamu juga perlu mengetahui jenis lipstik yang sesuai dengan kebutuhan. 

Baca juga:

Selain lipstik matte, jenis pewarna bibir lainnya adalah lipstik sheer, velvet, glossy, satin, lip tint, creamy, dan frosty. 

Apa itu lipstik matte? 

Lipstik matte adalah lipstik berpigmentasi tinggi dengan hasil akhir lembut dan bebas kilap, dilansir dari Master Class. Lipstik jenis ini tidak mengilap, sehingga memberikan tampilan bibir penuh. 

Dibandingkan dengan kosmetik bibir high-gloss lainnya, hasil akhir lipstik matte lebih tahan lama dan jarang luntur melebihi garis bibir. Lipstik matte cocok dipakai sepanjang hari, serta hanya membutuhkan sedikit sentuhan ulang alias retouch.

Melansir dari Byrdie, Penata Rias Profesional, Alexa Persico, menuturkan lipstik matte bebas kilap karena kandungan minyaknya lebih sedikit dibandingkan produk bibir lainnya. 

"Semua lipstik memiliki kombinasi minyak, lilin, dan pigmentasi. Lipstik matte memiliki lebih sedikit minyak dan kelembapan dibandingkan jenis lipstik lainnya dan tidak akan memberikan kilau apapun pada bibir seperti lipstik satin atau sheer,” ujarnya dilansir Kompas.com, Minggu (4/2/2024). 

Lipstik matte hadir dalam berbagai bentuk, seperti cair, palette, atau dalam tabung lipstik klasik. 

Cara pakai lipstik matte 

Ilustrasi seorang perempuan memakai lipstik matte
Shutterstock/Twinsterphoto Ilustrasi seorang perempuan memakai lipstik matte

Karena memberikan hasil lebih kering di bibir, maka kamu perlu mengetahui cara pakai lipstik matte yang tepat. Simak langkahnya berikut ini dilansir dari Master Class dan Byrdie. 

1. Persiapan bibir 

Persiapan bibir merupakan langkah penting sebelum memakai lipstik matte. Karena hasil akhirnya kering, kamu bisa menggunakan pelembap bibir atau lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik matte. 

“Kamu bisa memakai masker bibir saat tidur pada malam sebelum memakai lipstik matte,” ujar Penata Rias Selebriti, Judi Gabbay, dilansir dari Byrdie

Selain itu, rutin melakukan eksfoliasi bibir juga akan memberikan hasil maksimal saat menggunakan lipstik matte. Kamu bisa memakai scrub bibir DIY di rumah dari campuran gula dan minyak kelapa. 

2. Pakai lip liner 

Setelah bibir terasa nyaman, terhidrasi, dan halus, saatnya mengaplikasikan lip liner sebelum lipstik matte. Meskipun langkah ini bersifat opsional, namun bisa membantu menciptakan bentuk dasar bibir yang ideal. 

Selain itu, memakai lip liner bisa membantu mengurangi kesalahan saat mengaplikasikan lipstik matte. 

3. Oleskan lipstik 

Langkah selanjutnya adalah mengoleskan lipstik matte ke bibir. Oleskan lipstik matte pada bibir bawah terlebih dahulu.

Jika kamu menggunakan lipstik cair matte, maka aplikasikan dengan bantuan aplikator. Berhati-hatilah saat mengaplikasikannya agar tidak melampaui garis bibir.

Jika memakai lipstik matte cair, jangan rapatkan bibir karena hasilnya tidak merata. Sebagai gantinya, aplikasikan pada bibir bawah dan bibir atas, dan diamkan mulut hingga lipstik mengering. 

4. Bersihkan pinggiran bibir 

Tahap akhir dari pemakaian lipstik matte adalah memastikan pinggiran bibir bersih dari coretan lipstik. Kamu bisa mengoleskan concealer pada bagian luar bibir untuk membersihkan coretan lipstik dan mempertegas bentuk bibir. 

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com