Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Warna Lipstik yang Tepat, Sesuaikan dengan Undertone

Kompas.com - 30/01/2024, 08:08 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lipstik menjadi salah satu produk makeup yang dapat menambahkan warna pada bibir agar wajah tidak terlihat pucat dan kusam.

Dengan adanya beragam warna lipstik saat ini, mungkin kita masih merasa bingung memilih warna mana yang tepat untuk menunjang penampilan.

Makeup Artist (MUA), Audrrey Nur Safira (@audrreyns_beauty) mengatakan, kunci utama dalam memilih lipstik yang tepat adalah dengan menentukan undertone atau warna di bawah permukaan kulit.

"Secara umum, undertone kita terbagi ke dalam tiga kategori, yakni warm (hangat), cool (dingin), dan neutral (netral)," ungkapnya kepada Kompas.com, Minggu (28/1/2024).

Baca juga: 10 Rekomendasi Lipstik Lokal yang Perlu Dicoba

Nah, setiap undertone dapat menjadi acuan bagi kita saat memilih warna lipstik yang sesuai. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan berikut.

Cara memilih warna lipstik berdasarkan undertone

1. Warm undertone

Ilustrasi lipstik marun.Dok. Shutterstock/Beauty Hero Ilustrasi lipstik marun.

Untuk yang memiliki warm undertone atau warna permukaan kulit yang lebih hangat disarankan menggunakan warna-warna lipstik yang juga lebih hangat.

Audrrey merekomendasikan nuansa lipstik warna merah, oranye, kuning yang tidak terlalu pucat, atau coklat.

Sementara itu, Makeup Artist (MUA), Archangela Chelsea (@archangleachelsea) menambahkan, warna-warna seperti peach, coral, merah, atau pink ke arah oranye itu akan bagus untuk yang undertone-nya lebih hangat.

Baca juga: Rekomendasi Warna Lipstik untuk Kulit Sawo Matang, Jangan Pakai Nude

2. Cool undertone

Ilustrasi memilih warna lipstik untuk cool undertone.Shutterstock/Atstock Productions Ilustrasi memilih warna lipstik untuk cool undertone.

Cool undertone atau warna permukaan kulit yang lebih dingin terlihat lebih cocok ke nuansa warna biru, ungu, dan abu-abu.

Jika masih kurang yakin dengan melihat warna kulit, kita juga bisa memeriksa pembuluh darah di bagian dalam pergelangan tangan.

"Warna urat yang terlihat mengarah ke warna ungu atau biru tandanya kita memiliki cool undertone, sedangkan kulit dengan warm undertone seringnya memiliki warna pembuluh darah yang lebih kehijauan," kata Audrrey.

Chelsea pun merekomendasikan cool undertone untuk menggunakan warna-warna lipstik yang lebih dingin seperti pink atau berry.

3. Neutral undertone

Ilustrasi memilih warna lipstik untuk neutral undertone.Shutterstock/Dean Drobot Ilustrasi memilih warna lipstik untuk neutral undertone.

Terakhir adalah neutral undertone atau warna permukaan kulit yang netral.

Menurut Audrrey, neutral undertone biasanya memiliki urat dengan warna campuran, yaitu warna ungu atau biru dan kehijauan.

Adapun warna-warna lipstik yang cocok dengan undertone ini bisa beragam, mulai dari yang berwarna gelap hingga terang.

Baca juga: 3 Rekomendasi Warna Lipstik yang Dapat Mencerahkan Kulit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com