Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2024, 16:45 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Lipstik transferproof (transfer-proof) secara garis besar merujuk pada lipstik yang pigmennya tidak menempel atau sedikit menempel ke permukaan benda lain, misalnya masker atau gelas. 

Saat memakai masker, umumnya bibir akan bergesekan dengan bagian dalam masker. Hal ini diperparah dengan keringat dan kelembapan. Alhasil, lipstik pun bisa menempel ke masker, bahkan bergeser hingga ke luar garis bibir sehingga tampak berantakan.

Baca juga: Rekomendasi Warna Lipstik yang Sesuai untuk Kulit Kuning Langsat

Dilansir dari Glamour n'Glow, Senin (29/1/2024), lipstik transfer-proof bukanlah hal baru karena sudah dimulai sekitar hampir dua dekade lalu oleh brand (merek) Revlon.

Umumnya istilah transfer-proof beriringan dengan istilah long-wearing atau long-lasting, alias tahan lama. Lipstik tersebut tidak akan cepat pudar meskipun dipakai seharian.

"Saat mencari (produk) bibir yang long-wearing, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, tapi yang penting adalah mencari formula yang tidak terlalu mengeringkan," tutur makeup artist Allan Aponte, dikutip dari Women's Health.

Baca juga:

Jenis lipstik transfer-proof

Ilustrasi lipstik yang menempel ke gelas atau tidak transfer-proof.Dok. Shutterstock/Black Salmon Ilustrasi lipstik yang menempel ke gelas atau tidak transfer-proof.

Biasanya jenis produk pewarna bibir yang transfer-proof adalah yang memiliki hasil akhir matte atau tidak mengilap. Produk ini bisa dalam bentuk padat dan cair. 

Salah satu lipstik dari brand lokal yang transfer-proof adalah Checkmatte Transferproof Lipstick dari Somethinc, sedangkan yang dalam bentuk lip cream adalah Powerstay Transferproof Matte Lip Cream dari Make Over. 

Sementara itu, untuk brand internasional, ada Maybelline SuperStay Matte Ink Liquid Lipstick.

Meskipun tergolong tahan lama, namun lipstik matte bisa mengeringkan bibir. Dengan demikian, penting untuk mencari lipstik matte yang tetap menghidrasi, serta rutin merawat bibir dengan lip balm dan lip scrub.  

Selain itu, lipstik matte juga cenderung sulit dihapus. Menurut makeup artist Hailey Hoff, biasanya lipstik sejenis yang sulit dihapus adalah yang berupa matte lip stain atau yang berwarna cerah.

"Keduanya punya pigmen yang intens jadi Anda akan lebih memperhatikan residu di bibir dibanding warna matte yang netral," tutur Hoff, dilansir dari Instyle.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com