Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Pakai Lipstik Kedaluwarsa Bisa Berbahaya untuk Bibir

Kompas.com - 04/01/2024, 08:03 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Setiap produk makeup (rias wajah) memiliki batas tanggal kedaluwarsa. Batas tersebut ditetapkan agar produk masih efektif dan aman untuk digunakan.

Batas tanggal kedaluwarsa sebuah produk biasanya tercantum di kemasan, dengan gambar wadah produk bulat yang tutupnya terbuka sebagian. Jika tertulis 3M di gambar, misalnya, artinya produk itu lebih baik digunakan dalam waktu tiga bulan setelah kemasan dibuka.

Baca juga: Simak, Bocoran Lipstik Merah Taylor Swift Lengkap dengan Shade-nya

"(Produk kedaluwarsa) mungkin tidak tahan lama, konsistensinya bisa berbeda, dan mungkin tidak menempel ke kulit Anda sebagaimana produk baru," tutur dokter spesialis kulit di MDCS Dermatology: Medical Dermatology & Cosmetic Surgery di Amerika Serikat, Brendan Camp, dikutip dari Byrdie, Rabu (3/1/2024).

Salah satu produk makeup yang memiliki batas tanggal kedaluwarsa adalah lipstik. 

Dilansir dari laman Health & Discovery, The Ohio State University, umumnya lipstik dan lip gloss akan kedaluwarsa usai satu-dua tahun pemakaian. 

Lantas, bagaimana jika tetap memakai lipstik yang sudah kedaluwarsa?

Baca juga:

Bahaya pakai lipstik kedaluwarsa

Ilustrasi lipstik.Dok. Unsplash/Andrea Sánchez Ilustrasi lipstik.

Penata rias Kelli J. Bartlett menyampaikan, kulit di bagian bibir adalah bagian paling tipis dari tubuh manusia, sekaligus paling rentan terhadap bakteri. 

"Lipstik terdiri dari bahan-bahan alami dan menghidrasi, yang mana bisa mengering jika terkena udara," ujar Bartlett.

Ia melanjutkan, saat sumber bakteri atau virus masuk ke dalam lip gloss, tongkat aplikator dapat memindahkan bakteri lalu mencemari seluruh produk. 

Adapun produk makeup yang sudah dibuka dan digunakan bisa menyimpan bakteri berbahaya. Akibatnya, kulitmu bisa lebih mudah berjerawat, iritasi, atau bahkan infeksi. 

Baca juga: Simak, Bocoran Lipstik Favorit Bangsawan Wanita Kerajaan Inggris

Ciri lipstik kedaluwarsa biasanya terlihat baik dari warnanya maupun konsistensinya.

"Jika sebuah produk berubah warna, bisa jadi produk tersebut terindikasi kedaluwarsa. Perubahan warna mungkin berasal dari kerusakan pigmen atau oksidasi produk setelah berulang kali terpapar udara," jelas Brendan Camp. 

Selain warna, perubahan bisa pula terjadi di konsistensi lip gloss. Misalnya, bila konsistensinya berubah menjadi lebih berair maka kemungkinan lip gloss tersebut sudah kedaluwarsa. 

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com