Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Pemakaian Serum yang Benar agar Lebih Optimal?

Kompas.com - 16/02/2024, 13:13 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Serum merupakan salah satu produk skincare yang memiliki fungsi beragam untuk kulit. Biasanya serum memiliki bahan aktif yang dirancang untuk mengatasi berbagai masalah kulit. 

Diketahui, penggunaan serum biasanya diiringi dengan rangkaian produk skincare lainnya. Cara penggunaannya pun juga tak bisa sembarangan, sehingga serum dapat bekerja efektif. 

Lantas bagaimana cara penggunaan serum yang benar agar mendapatkan hasil yang optimal?

Baca juga: 5 Rekomendasi Serum yang Ampuh untuk Mencerahkan Wajah

Baca juga: Kapan Serum Digunakan untuk Perawatan Wajah? Simak Panduan Berikut…

Cara penggunaan serum yang benar

Ilustrasi penggunaan serum wajah yang tepatDok. Shutterstock/Auttapol Tatiyarat Ilustrasi penggunaan serum wajah yang tepat

Menurut Spesialis kulit dan kelamin RSPAD Gatot Soebroto, dr. Abraham Arimuko, Sp.KK, serum harus digunakan secara rutin agar mendapatkan hasil optimal. 

“Idealnya, (serum) diaplikasikan dua kali sehari setelah mandi. Tapi biasanya ada produk-produk yang punya ketentuan tertentu, jadi ya disesuaikan lagi dengan ketentuan produk,” kata Abraham kepada Kompas.com, Rabu (31/1/2024). 

Abraham pun menjelaskan, tak semua serum bisa digunakan pada pagi hari. Pasalnya, ada pula serum yang bereaksi terhadap sinar matahari, misalnya retinol dan AHA/BHA yang berfungsi untuk eksfoliasi. 

“Bersihkan wajah, aplikasi serum ke seluruh wajah secara merata, lalu massage gently supaya meresap,” tambah Abraham. 

Dalam hal ini, jika serum wajahmu menggunakan pipet, jangan sampai pipet serum tersebut sampai terkena kulit untuk mengurangi risiko kontaminasi kuman dan kotoran yang ada pada kulit ke dalam skincare

Abraham mengatakan, teteskan saja cairan skincare langsung ke kulit wajah atau tanganmu dengan jarak sekitar 1-2 cm agar tak menyentuh kulit. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Serum Vitamin C Lokal yang Bagus

Berapa lama hasil pemakaian serum bisa terlihat?

Ilustrasi skincara AHA BHA. Mengenali apa itu AHA BHA, kandungan AHA BHA, dan manfaat AHA BHA penting sebelum Anda menjajal produk perawatan kulit atau skincare ini.Shutterstock/Zigres Ilustrasi skincara AHA BHA. Mengenali apa itu AHA BHA, kandungan AHA BHA, dan manfaat AHA BHA penting sebelum Anda menjajal produk perawatan kulit atau skincare ini.

Lebih lanjut, kata Abraham, hasil dari pemakaian skincare bisa terlihat dalam jangka waktu beberapa minggu atau bulan. 

Namun, hal ini juga tergantung dari khasiat skincare itu sendiri. 

“Untuk jangka waktu yang singkat, hasil yang akan langsung terlihat hanya sekadar wajah menjadi lembap dan segar, sementara untuk mencerahkan dan mengurangi kerutan, perlu beberapa minggu atau bulan,” pungkas Abraham. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com