Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Memakai Blush On, Bentuk Wajah Juga Berpengaruh

Kompas.com - 16/02/2024, 13:50 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memakai blush on atau perona pipi dapat membuat wajah terlihat segar dan tampak lebih muda.

Selain itu, blush on juga dapat menambahkan kilau yang tidak bisa ditiru oleh produk seperti bronzer atau highlighter.

Namun, pengaplikasiannya tidak sesederhana menyapukannya ke pipi.

Baca juga: Apakah Blush On Bisa Digunakan untuk Eyeshadow?

Kita juga perlu mengetahui warna blush on yang sesuai dengan warna kulit kita serta bagaimana mengaplikasikannya pada bentuk wajah yang berbeda.

Cara memakai blush on

Nah, untuk mendapatkan hasil makeup yang bagus, berikut adalah cara memakai blush on sesuai dengan warna kulit hingga bentuk wajah.

1. Pilih tekstur

Dalam hal mengaplikasikan blush on yang tepat, tekstur menjadi kunci utamanya.

Dikutip dari laman Mind Body Green, Jumat (16/2/2024), blush on bertekstur krim biasanya dapat menyatu dengan kulit dan menyatu dengan baik dengan produk riasan krim atau cair lainnya.

Di sisi lain, blush on bubuk atau bubuk harus diaplikasikan di atas krim untuk menghindari penumpukan.

2. Sesuaikan shade dengan undertone kulit

Ketika mencari shade warna blush on yang paling alami, maka kita perlu menyesuaikannya dengan undertone atau warna dasar kulit.

Undertone kulit yang hangat (warm) cocok dipadukan dengan warna peach, perunggu, dan coral. Sementara yang memiliki undertone dingin (cool) bisa memilih warna pink, plum, cokelat kemerahan, dan juga merah.

Baca juga: Retouch Makeup: Arti dan Caranya

Sedangkan untuk yang memiliki undetone netral bisa menggunakan hampir semua shade warna blush on.

"Formula yang lebih tipis dibandingkan dengan formula yang sangat berpigmen akan memberikan efek yang sangat berbeda, meskipun warnanya sama," ujar penata rias selebriti, Mary Irwin.

3. Aplikasikan sesuai bentuk wajah

Memakai blush on di tulang pipi akan menciptakan kesan penuh yang lembut, sementara menyapukannya ke luar ke arah pelipis akan menciptakan kesan lifting yang memberi kesan tirus.

Kita juga bisa mengaplikasikan blush on sesuai dengan bentuk wajah.

  • Bulat: Karena tidak memiliki sudut yang tajam, buat kesan fitur wajah yang terdefinisi dengan blush on yang lebih tajam. "Pakai blush on tepat di atas tulang pipi, dan baurkan untuk menciptakan ilusi tulang pipi yang terpahat," saran penata rias di Credo, Alexandra Compton.
  • Kotak: Kita dapat memperhalus fitur sudut dengan mengaplikasikan blush on di bagian tulang pipi, tepat di bawah mata. Ini bisa menarik perhatian ke bagian tengah wajah dan membulatkan pipi.
  • Diamond: Bentuk wajah diamond umumnya sudah memiliki tulang pipi yang tinggi dan tirus. Jadi, cukup tonjolkan lebih jauh dengan menyapukan blush on dalam bentuk "C" dari pelipis ke dalam.
  • Hati: Wajah berbentuk hati atau punya rahang yang lebih sempit dan dahi yang lebih lebar cocok dengan apa yang disebut Compton sebagai "efek halo" blush on. Aplikasikan blush on pada tulang pipi untuk memfokuskan pusat perhatian, lalu sebarkan ke atas ke arah pelipis untuk melengkapi tulang pipi yang tinggi secara alami.
  • Oval: Bentuk wajah oval cenderung tidak memiliki sudut yang tajam, tapi memiliki tepi luar yang sedikit melengkung. Meski demikian, menambahkan atau melembutkan sudut tidak sepenuhnya diperlukan. Jika ingin mengenakan blush on, cukup pulaskan pada titik tertinggi tulang pipi.
  • Persegi panjang: Pakai blush on pada bagian tulang pipi untuk memberikan kesan penuh. Kita mungkin juga perlu mengaplikasikannya dalam garis lurus dari pupil mata ke arah luar. Wajah persegi panjang cenderung lebih panjang daripada lebarnya, dan pengaplikasian lurus bisa mengurangi kesan wajah yang terlalu panjang.

Baca juga: 13 Brand Makeup Lokal, Ada yang Dikira Merek Luar Negeri 

4. Membubuhkan alas bedak

Setelah mengaplikasikan blush on krim pada tulang pipi, bubuhkan alas bedak atau foundation pada area yang kita inginkan untuk mendapatkan saturasi dan cakupan yang maksimal.

"Pakai produk ke seluruh permukaan wajah, lapisi blush on di antara foundation dan kulit alami," kata penata rias selebriti, Katie Jane Hughes.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com