Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membaca Buku agar Memberi Manfaat, Tidak Sekadar Baca

Kompas.com - 23/02/2024, 14:11 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membaca buku bukan hanya sekadar kegiatan membaca saja, tetapi tentang bagaimana kita bisa mencerna isi buku yang sedang dibaca. Dengan begitu, kita akan mendapat manfaat dari membaca.

Dengan cepat memahami buku yang kita baca, kita juga bisa dengan cepat menyelesaikannya dan beralih ke buku–buku lain yang menarik. Kegiatan membaca buku pun pasti akan terasa menyenangkan dan memberi tambahan pengetahuan.

Tapi bagaimana aranya agar kita bisa membaca buku secara efektif? Menurut Hestia Istiviani Inisiator Komunitas Baca Bareng yang dihubungi Kompas.com, Selasa (21/2/2024), jika ingin membaca buku secara efektif kita harus mengetahui tujuan dari kegiatan membaca itu sendiri.

“Aku rasa perlu mengetahui tujuan dari kegiatan membaca itu sendiri,” ujarnya.

Dengan mengetahui tujuan bacaan kita, pastinya akan membuat kita fokus pada isi buku, sehingga saat membaca kita mudah mencerna informasi dari buku yang kita baca.

“Ini berlaku apakah membaca untuk hiburan dan pelepas penat (reading for pleasure) atau untuk belajar, mengerjakan studi, hingga untuk mendapatkan informasi. Sebab, jika kita belum tahu tujuannya, nanti akan kebingungan bagaimana membaca yang efektif,” lanjutnya.

Baca juga: 3 Tips Membaca Buku agar Tidak Lupa Isinya

Kalau kamu membaca untuk melepaskan penat atau sebagai hiburan, Hestia menyarankan untuk memilih bacaan sesuai dengan selera kita yang memang ingin kita baca, agar kegiatan membaca buku menjadi menyenangkan, dan jika sudah bosan boleh ditinggalkan.

“Jika melakukan kegiatan membaca karena mencari hiburan, maka pilihlah bacaan yang memang ingin dibaca untuk mendapatkan hal tersebut. Apabila di tengah perjalanan membaca ternyata sudah tidak menemukan kesenangan atau penghiburan, tinggalkan saja,” ujarnya.

Tetapi jika untuk mencari informasi, pilihlah buku yang sesuai dengan apa yang mau kamu cari dan perhatikan kata kuncinya.

“Jika membaca untuk mendapatkan informasi, maka pastikan informasi tentang apa yang ingin didapat. Mengetahui beberapa kata kunci akan memudahkan proses membaca untuk sampai pada tujuan membaca itu sendiri,” katanya.

Baca juga: 3 Manfaat Hobi Membaca Buku, Tak Cuma Tambah Wawasan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com