Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2024, 16:10 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa membaca adalah hal yang membosankan. Padahal jika kita melakukannya secara rutin, membaca buku akan memberi dampak yang bermanfaat.

Membaca tidak hanya akan menambah wawasan dan pengetahuan, tapi juga bisa melepaskan stres dan membantu kita lebih rileks.

Jika ingin menjadikan kegiatan membaca sebagai rutinitas, mulailah membaca setiap hari. Membaca setidaknya satu menit sehari, tentu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Namun terkadang memulai kebiasaan membaca buku di tengah godaan media sosial dan hiburan lainnya seringkali tidak mudah.

Nah, jika ingin menjadikan kegiatan baca buku sebagai rutinitas, berikut 3 tipsnya menurut Hestia Istiviani seorang inisiator Komunitas Baca Bareng, yang dihubungi Kompas.com pada Selasa, 20 Februari 2024.

Baca juga: 5 Manfaat Membaca Novel Fiksi, Berdampak Positif pada Otak

Tips agar rutin membaca buku

1. Memilih buku yang akan dibaca

memilih bukuVia memilih buku

Ada banyak jenis buku, mulai dari novel, puisi, self improvement, buku sejarah, dan lain sebagainya. "Pilihlah buku yang sesuai dengan minatmu, dengan begitu kamu akan membacanya tanpa paksaan dan menikmati buku yang kamu baca," ujar Hestia.

"Kalau bingung ingin membaca buku apa, kamu bisa mencari rekomendasi di sosial media atau membaca buku-buku populer yang belum pernah kamu baca," lanjutnya.

Kamu juga bisa membaca buku yang sudah ada versi filmnya karena biasanya, beberapa scene dalam buku mungkin tidak ada di filmnya atau mengalami perubahan alur cerita.

2. Memanfaatkan akses yang ada

manfaatkan akses melalui handphoneVia manfaatkan akses melalui handphone

Jaman sekarang membaca buku bisa dari mana saja dan bisa didapatkan di mana saja, karena akses untuk membaca buku sudah sangat luas. Bahkan kita bisa membaca melalui handphone dan bisa memesan suatu buku tanpa harus keluar rumah.

"Manfaatkan akses yang bisa kamu apatkan tetapi jangan membeli buku bajakan,"ujarnya.

Jika kamu ingin membaca buku gratis, kamu bisa membaca dan meminjamnya di perpustakaan kota.

Khususnya di Kota Jakarta, sudah banyak perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku yang cukup lengkap, seperti di Taman Ismail Marzuki atau Perpustakaan Nasional.

Baca juga: 4 Kiat Menumbuhkan Minat Membaca Buku

3. Membuat jadwal

membuat jadwalVia membuat jadwal

Mulailah dari membuat jadwal membaca setiap harinya selama 30 menit sampai satu jam. Misalnya, kamu punya waktu luang sebelum berangkat sekolah atau sebeum bekerja di pagi hari, kamu bisa gunakan waktu tersebut sebagai jadwal untuk membaca buku, atau pada malam hari sebelum tidur.

Hestia menyarankan agar menganggap membaca sama pentingnya seperti melakukan aktivitas sehari - hari.

"Jangan berpikiran baru akan membaca ketika ada waktu luang melainkan, melainkan setting up your own reading time (ciptakan waktu laung untuk membaca). Dengan begitu, kita akan mulai melihat bahwa membaca juga sama pentingnya dengan aktivitas lain yang dikerjakan sehari-hari," katanya.

Baca juga: 6 Cara Membangun Kebiasaan Membaca Buku, Pilih Topik Favorit

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com