Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Bayi Usia 3 Bulan Berenang? Ini Kata Dokter

Kompas.com - 26/02/2024, 12:12 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berenang adalah kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan anak-anak. Terutama pada bayi, berenang juga dapat meningkatkan tumbuh kembangnya.

Sebenarnya tidak ada batas usia kapan bayi boleh berenang. Namun, untuk mencegah risiko kesehatan dan cedera, maka ada usia tertentu di mana bayi boleh dibawa ke kolam renang.

Lantas, pada usia berapa anak sudah bisa diajarkan berenang, dan apakah bayi berusia 3 bulan boleh berenang?

Baca juga: Umur Berapa Bayi Sudah Bisa Diajarkan Berenang?

Berikut penjelasan selengkapnya dari dokter spesialis kedokteran olahraga, Dr Listya Tresnanti Mirtha, SpKO, CCD, SubspAPK(K), MARS.

Apakah bayi usia 3 bulan boleh berenang?

Menurut Dr Listya atau Tata, umumnya bayi baru boleh berenang ketika sudah memasuki usia 6 bulan ke atas.

Tetapi, sebagai permulaan, bayi usia 3 bulan juga dapat diperkenalkan pada aktivitas air ini dengan beberapa pertimbangan penting yang harus diperhatikan oleh orangtua, antara lain:

1. Kesiapan fisik

Bayi pada usia ini belum memiliki sistem imun yang sepenuhnya berkembang, dan mereka juga belum mampu mengatur suhu tubuh mereka dengan baik.

Oleh karena itu, Dr Tata mengatakan pentingnya memastikan bahwa air kolam bersuhu hangat (sekitar 32 derajat celsius) dan bersih untuk mencegah hipotermia atau infeksi.

2. Durasi berenang

Untuk bayi usia 3 bulan, sesi berenang harus singkat, yakni sekitar 10–20 menit, guna menghindari kelelahan atau kedinginan.

"Selalu perhatikan tanda-tanda ketidaknyamanan atau kedinginan, seperti bibir yang berubah menjadi biru atau gemetar, dan segera angkat bayi dari air jika tanda-tanda ini muncul," kata Dr Tata kepada Kompas.com, melalui jawaban tertulis, Sabtu (24/2/2024).

3. Pengawasan

Selain itu, bayi juga harus selalu dalam pengawasan ketat orang dewasa saat berada di dalam air. Orang dewasa harus memegang bayi sepanjang waktu dan tidak boleh meninggalkan bayi sendirian di dalam atau di dekat air.

4. Pembiasaan dengan air

Dokter Tata menjelaskan bahwa tujuan berenang pada usia ini lebih kepada pembiasaan dengan air dan pengalaman sensorik, bukan untuk mengajarkan teknik berenang.

Baca juga: Panduan untuk Orangtua, Harus Mengajari Anak Berenang

Ilustrasi seorang ibu mengajarkan anak balita berenang.Shutterstock/GOLFX Ilustrasi seorang ibu mengajarkan anak balita berenang.

"Bayi dapat diperkenalkan ke air dengan cara yang lembut dan bermain-main, seperti mengguyur air di tubuh mereka," ujar dia.

5. Kesehatan bayi

Pastikan bayi dalam kondisi sehat sebelum membawa mereka ke kolam renang. Jika bayi baru saja divaksinasi, tunggu beberapa hari sebelum membawa mereka berenang untuk memastikan tidak ada reaksi terhadap vaksin.

6. Perlindungan kulit

Kulit bayi sangat sensitif terhadap klorin dan bahan kimia lainnya yang ada di kolam renang. Setelah berenang, bilas tubuh bayi dengan air bersih dan gunakan pelembap untuk mencegah iritasi kulit.

7. Kelas renang untuk bayi

Jika mempertimbangkan kelas renang untuk bayi, Dr Tata menganjurkan agar orangtua mencari program yang dirancang khusus untuk bayi dengan instruktur yang memiliki pengalaman dan sertifikasi yang tepat dalam mengajar bayi berenang.

"Jadi, meskipun bayi usia 3 bulan dapat diperkenalkan ke aktivitas air, perlu diingat bahwa kegiatan ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti suhu air, durasi berenang, dan kondisi kesehatan bayi," jelasnya.

Baca juga: 6 Tips Berenang Aman untuk Anak, Awasi Ekstra

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com