Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berenang Bisa Jadi Olahraga Low Impact untuk Bakar Lemak

Kompas.com - 27/10/2023, 14:41 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menghilangkan lemak tubuh ternyata tidak harus terpaku pada olahraga yang intensitas tinggi atau high impact.

Faktanya, melakukan olahraga low impact atau olahraga dengan beban yang rendah juga bisa memberikan manfaat terbaik dalam menyingkirkan kalori berlebih di tubuh.

Menurut seorang pelatih pribadi, William Sukala, MS, CSCS, olahraga low impact dan lebih lambat membakar lebih banyak lemak secara proporsional daripada karbohidrat sebagai sumber bahan bakar.

Ia juga mengungkapkan, melakukan olahraga dengan intensitas tinggi akan membakar lebih sedikit lemak daripada karbohidrat, tapi secara garis besar, kita akan membakar lebih banyak kalori.

"Ini berarti defisit kalori yang lebih besar yang akan terisi kembali pada waktunya dengan cadangan lemak tubuh," terangnya.

Apa pun itu, kita harus membuat defisit kalori setiap hari antara asupan kalori dan jumlah kalori yang kita bakar, atau tetap berpegang pada defisit 500 kalori setiap hari untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Baca juga: Berlari Vs Berenang: Mana yang Lebih Banyak Membakar Kalori?

Berenang untuk membakar lemak
Salah satu olahraga low impact terbaik yang juga direkomendasikan oleh para ahli untuk membakar lemak tubuh secara efektif adalah berenang.

Pelatih pribadi dan anggota Dewan Pakar Medis di Eat This Not That, kepada Mike Bohl, MD, MPH, ALM, mengatakan, berenang memiliki banyak manfaat.

"Renang dapat memperkuat otot dan merupakan latihan kardio yang sangat efektif serta bermanfaat bagi jantung dan sirkulasi tubuh," jelasnya.

"Berenang juga bagus untuk siapa saja yang memiliki rasa sakit, seperti radang sendi, karena daya apung air membantu mengurangi beban dan tekanan pada persendian," lanjut dia.

Bohl menyarankan agar kita bisa melakukan berbagai gaya saat berenang untuk menjaga kesegaran latihan sambil memperkuat berbagai kelompok otot.

"Yang perlu dilakukan adalah mengubah gerakan setiap beberapa putaran atau bahkan beristirahat dan menapakkan kaki di air selama beberapa menit," terangnya.

Setiap gerakan renang yang bisa kita lakukan juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Semakin besar intensitas dan gerakannya, semakin besar pula hasil yang akan didapatkan. Menurut Dr Bohl, kita bisa membakar 300 hingga 600 kalori dalam satu jam.

"Jika kita memiliki waktu untuk berenang lebih sering, atau selama satu jam enam hari dalam seminggu, kita bisa kehilangan 0,4 kg lemak setiap satu hingga dua minggu," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com