Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlari Vs Berenang: Mana yang Lebih Banyak Membakar Kalori?

Kompas.com - 22/08/2023, 07:41 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Berlari dan berenang adalah olahraga yang populer. Selain itu, kita tidak perlu terlalu mahir dalam keduanya untuk merasakan manfaatnya.

Selain itu, #wildswimming saat ini menjadi salah satu tagar tren olahraga terpanas yang ditonton hampir 200 juta kali di platform TikTok. Jadi, tentu saja ada baiknya kita mendalami topik ini.

Kedua bentuk olahraga ini membangun otot yang lebih kuat dan meningkatkan kebugaran dan daya tahan kardiovaskular. Tapi, mana yang lebih banyak membakar kalori?

Tentu saja, ada banyak faktor yang berperan - kecepatan, lama latihan, dan jenis lari atau berenang yang kita lakukan. Jadi ini bukan metrik yang mudah untuk diverifikasi.

Nah, tim kebugaran Tom's Guide secara khusus mendalami hal ini, untuk mendapatkan jawabannya.

Berenang adalah olahraga yang all around. Berenang akan mengaktifkan setiap kelompok otot utama, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, meningkatkan kekuatan dan mobilitas.

Baca juga: Mengenal Hot Yoga dan Efektivitasnya untuk Membakar Kalori

Bahkan menurut lembaga Pemerintah Amerika Serikat, Centers for Disease Control and Prevention, berenang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Dan, karena berenang dapat menjadi olahraga yang moderat atau berat, kita dapat menurunkan berat badan dan membakar kalori juga.

Selain itu, segala bentuk olahraga dapat meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan.

Apakah kita suka berenang di alam bebas atau pergi ke kolam renang setempat, berenang adalah salah satu bentuk olahraga yang populer, dan tanpa berdampak pada tulang dan sendi.

Manfaat lari juga serupa, dan jika kita pernah bertanya-tanya - apakah lari dapat membentuk otot?

Ya, lari dapat membantu merangsang pertumbuhan otot, memperkuat otot kaki dan meningkatkan kepadatan tulang melalui proses yang disebut bone loading.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com