Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Manfaat Berenang, Menyehatkan Jantung hingga Cegah Diabetes

Kompas.com - 24/11/2023, 19:02 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berenang bukan saja menyenangkan, tapi juga termasuk sebagai olahraga yang menggerakkan seluruh otot tubuh. Olahraga ini dapat dilakukan oleh semua orang dari segala usia dan tingkat kebugaran.

Saat berenang, kita tidak hanya menggunakan seluruh tubuh untuk mendorong diri kita melewati air, melatih jantung, otot, dan paru-paru, tetapi daya apung air juga memungkinkan kita untuk bergerak tanpa memberikan banyak tekanan pada persendian.

Faktanya, orang yang rutin berenang memiliki sekitar setengah risiko kematian dibandingkan dengan orang yang tidak melakukannya.

Ditambah lagi, ini adalah keterampilan yang menyelamatkan jiwa yang harus dimiliki setiap orang tanpa memandang usia mereka.

Baca juga: 10 Tips Berenang untuk Turunkan Berat Badan dan Kencangkan Tubuh

Manfaat berenang untuk kesehatan
Dilansir dari laman Health, berikut penjelasan selengkapnya mengenai manfaat manfaat berenang untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berenangpexels.com Berenang

1. Membantu mengelola radang sendi
Jika kita menderita radang sendi atau yang dikenal sebagai arthritis, jangan ragu untuk menghabiskan lebih banyak waktu di dalam air.

Sebab, berenang dapat mengurangi nyeri dan kekakuan sendi serta meningkatkan kekuatan otot dan kapasitas fungsional kita.

Selain itu, olahraga ini juga sama efektifnya dengan bersepeda, yang sering diresepkan untuk penderita radang sendi.

Beberapa penelitian menunjukkan, berenang mungkin lebih bermanfaat daripada aktivitas di darat dalam meningkatkan fungsi sendi, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang menderita osteoartritis.

Bahkan, para ahli menyarankan berenang dan latihan akuatik lainnya dilakukan bersamaan dengan pengobatan terapi manual dan penyangga lutut.

Sedangkan untuk penderita rheumatoid arthritis (RA), sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter. 

Baca juga: 4 Penyebab Radang Sendi dan Faktor Risikonya

2. Menjaga kesehatan mental
Berenang adalah salah satu dari sedikit olahraga yang memungkinkan kita untuk melarikan diri dari dunia luar, termasuk hiruk pikuk media sosial.

Hal tersebut dapat menawarkan sejumlah manfaat kesehatan mental. Ditambah lagi, sensasi air yang meluncur di atas kulit bisa membuat kita lebih rileks dan mengurangi kecemasan.

Faktanya, berenang secara konsisten dapat membantu kita mengelola respons terhadap stres. 

Menurut tinjauan beberapa penelitian, berenang juga dapat bermanfaat bagi mereka yang mengalami depresi karena secara signifikan mengurangi gejala dan meningkatkan suasana hati.

Baca juga: Cara Melatih Pikiran untuk Healing dari Kecemasan dan Depresi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com