Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Budaya Turkiye dalam Koleksi Busana Zaskia Sungkar dan Shi by Shireen

Kompas.com - 27/02/2024, 08:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Modest brand Zaskia Sungkar dan Shi by Shireen meluncurkan koleksi Ramadhan 2024 yang terinspirasi dari budaya Islam di Turkiye.

Mengusung tema "Journey", beberapa koleksi ditampilkan sebagai bentuk perjalanan selama 11 tahun Zaskia Sungkar dan tahun pertama Shi by Shireen eksis di dunia modest fashion.

"Sebenarnya kenapa memilih kata Journey karena mau flashback lagi brand ini dari nol," kata Zaskia Sungkar saat acara konferensi pers di Jakarta, Minggu (25/2/2024).

Baca juga: Padu Padan Outfit Lebaran ala Zaskia Sungkar

Zaskia menambahkan, masa-masa kejayaan Islam dan perempuan-perempuan Islam di Turkiye zaman dulu menjadi inspirasinya dalam menggarap koleksi terbaru ini.

Koleksi Empire dan The Empress

Sebanyak 35 item dalam koleksi Zaskia Sungkar yang diberi nama "Empire" pun mengangkat kekuatan, ketangguhan, dan kecantikan para perempuan pada zaman kekaisaran.

Sama seperti halnya bangunan bersejarah Turkiye yang mewakili arsitektur masa lampau yang mewah, kuat, dan berestetika tinggi.

"Apalagi, karakter dan mental perempuan zaman dulu lebih kuat dan tangguh," ujar dia.

Salah satu koleksi The Empress dari Shi by Shireen yang diperlihatkan pada peragaan busana bertajuk Journey di The Dome Senayan Park, Jakarta, Minggu (25/2/2024).KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Salah satu koleksi The Empress dari Shi by Shireen yang diperlihatkan pada peragaan busana bertajuk Journey di The Dome Senayan Park, Jakarta, Minggu (25/2/2024).

Sementara itu, koleksi "The Empress" dari Shi by Shireen lebih memfokuskan pada daya tarik utama Konya, daerah di Anatolia Tengah, yang dihiasi oleh bearagam flora dan fauna.

Bunga-bunga kota Konya inilah yang menghiasi sebanyak 60-an koleksi The Empress.

"Untuk konsepnya sama dengan koleksi Zaskia Sungkar, hanya berbeda di karakter dan pasarnya yang gayanya lebih feminin," kata Shireen.

Baca juga: 4 Tipe Busana Muslim yang Paling Dicari Gen Z saat Lebaran

Adapun koleksi yang dihadirkan oleh kedua modest brand tersebut meliputi berbagai jenis pakaian, mulai dari atasan, dress, hijab, set baju Lebaran keluarga, serta aksesori seperti tas, dan sebagainya.

Material yang digunakan pun bervariasi, mulai dari yang lembut seperti satin, sutra, chiffon, sampai dengan yang bertekstur dan bervolume seperti pleats, crinkle, dan juga organza.

Sementara variasi warnanya didominasi hitam, marun, dan warna-warna bumi, sesuai dengan DNA Zaskia Sungkar yang identik dengan nuansa bold.

"Sedangkan The Empress didonimasi dengan warna-warna pastel," tambah Zaskia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com