Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memiliki Perhiasan Mutiara, Berapakah Harganya?

Kompas.com - 04/03/2024, 19:00 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mutiara sebagai simbol kemewahan dan keanggunan, telah lama menjadi favorit para pencinta perhiasan. Banyak orang yang ingin menambahkan sentuhan mutiara dalam gaya mereka tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Tidak mengherankan jika budget membeli aksesoris mutiara menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta perhiasan. Mari kita telusuri lebih jauh mengenai hal ini.

Baca juga: 5 Cara Mudah Membedakan Mutiara Asli atau Palsu

Mutiara air tawar dari brand lokal Ottilia Pearls, dipotret di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (01/03/2024).KOMPAS.com/NAZLA UFAIRA SABRI Mutiara air tawar dari brand lokal Ottilia Pearls, dipotret di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (01/03/2024).

Mutiara air laut atau air tawar

Mutiara terbagi menjadi dua jenis, mutiara air laut dan mutiara air tawar.

"Mutiara air laut dan mutiara air tawar memiliki keunikan masing-masing," ungkap Zikrina, pemilik brand lokal Ottilia Pearls dari Lombok di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (01/03/2024).

Zikrina menjelaskan dua jenis mutiara tersebut memiliki harga yang berbeda.

"Mutiara air laut cenderung memiliki harga yang lebih tinggi karena kesulitan dalam proses pembentukannya di laut yang luas. Sementara mutiara air tawar biasanya lebih terjangkau karena proses pembentukannya di perairan tawar yang lebih mudah diakses," terangnya.

Harga aksesoris mutiara

Menurut Zikrina, mutiara air laut memang menjadi yang paling dicari karena keanggunannya yang alami. Namun, harganya pun tak main-main.

"Terkadang, harga per gram mutiara air laut bisa melampaui harga emas," jelas Zikrina.
Sementara itu, mutiara air tawar menawarkan alternatif yang lebih terjangkau namun tak kalah menawan.

Mengenai harga aksesoris mutiara, perbedaan jenis mutiara menjadi penentu utama.
"Untuk aksesoris dari mutiara air laut, seperti anting, harganya bisa dimulai dari 1 jutaan, sedangkan kalung bisa mencapai harga fantastis hingga 80 juta," ungkap Zikrina.

Sementara itu, untuk aksesoris dari mutiara air tawar, seperti anting, gelang, hingga bros, dapat diperoleh dengan harga yang lebih terjangkau, dimulai dari 300 ribu rupiah.

Menyimak informasi dari Zikrina, kita jadi memahami bahwa memiliki aksesoris mutiara tidak selalu harus menguras dompet. Kreativitas dalam memilih jenis mutiara dan model aksesoris menjadi kunci utama dalam mendapatkan yang sesuai dengan budget.

Baca juga: Tampil Stylish dengan Perhiasan Mutiara, Ini 5 Tipsnya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com