Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Ayu Amelia, Model yang Lebarkan Sayap Jadi Desainer

Kompas.com - 16/03/2024, 11:17 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia fesyen tak hanya sekadar peragaan busana atau fashion show yang selalu dilakukan oleh para model. Ada pula peran desainer yang menjadi “otak” di balik busana yang digunakan oleh para model. 

Tak jarang pula model-model tersebut akhirnya melebarkan sayap untuk menjadi desainer pula. 

Salah satunya Ayu Amelia, seorang model sekaligus penyanyi dangdut yang kini sudah banting setir menjadi desainer fesyen. 

Baca juga: 8 Desainer di Balik Pembuatan Outfit Konser Taylor Swift

Baca juga: Intip 5 Karya Desainer Indonesia yang Bakal Tampil di NYFW

Ayu pun menceritakan kepada Kompas.com pada Jumat (15/3/2024), bagaimana awalnya ia bisa terjun menjadi desainer hingga saat ini bisa membuat brand fesyennya sendiri, Lakshita by Ayu Amelia

“Sebenarnya sudah sejak lama suka desain tapi hanya untuk dipakai sendiri saja. Tapi baru awal tahun 2024 ini akhirnya mulai ditekuni dan berani untuk punya brand fesyen sendiri. Pada intinya, aku pengin jadi entrepreneur (wirausaha) di bidang fesyen,” ujar Ayu kepada Kompas.com, Jumat malam, usai peragaan busana Lakshita by Ayu Amelia di kawasan Jakarta Selatan. 

Berawal dari suka desain baju untuk anaknya

Potret desainer Ayu Amelia bersama anaknya, Deandra Lakshita, sebelum peragaan busana, Jumat (16/3/2024). KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Potret desainer Ayu Amelia bersama anaknya, Deandra Lakshita, sebelum peragaan busana, Jumat (16/3/2024).

Mantan model asal Pangandaran ini juga mengungkap, inspirasi pembuatan brand fesyen itu sendiri muncul karena dirinya sering mendesain baju-baju untuk dirinya sendiri dan anaknya, Deandra Lakshita. 

“Anak saya, Deandra Lakshita, saat ini sedang aktif ikut ajang beauty pageant. Jadi saya dituntut untuk harus kreatif untuk mencari atau mendesain baju yang cocok untuk dia kenakan (dalam ajang tersebut),” jelas Ayu. 

Selain itu, nama brand fesyen yang Ayu milliki saat ini, Lakshita by Ayu Amelia, juga diambil dari nama belakang sang anak.

Baca juga: 6 Tempat Beli Baju Lebaran di Yogyakarta, Banyak Model Kekinian 

“Untuk Lakshita sendiri sebenarnya belum launching (rilis), ini baru perkenalan produk dan brand sambil lihat market-nya,” tambahnya. 

Saat ini, ia hanya memasarkan produk-produknya secara online dan menerapkan sistem pre-order untuk pemesanan. 

Namun, ibu satu anak itu pun berharap ke depannya bisa punya butik sendiri dalam menjual produk-produknya. 

Baru rilis koleksi Ramadhan

Desainer Ayu Amelia bersama para model yang akan melakukan fashion show koleksi Ramadhan dari brand Lakshita by Ayu Amelia, Jumat (16/3/2024).KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Desainer Ayu Amelia bersama para model yang akan melakukan fashion show koleksi Ramadhan dari brand Lakshita by Ayu Amelia, Jumat (16/3/2024).

Ayu baru saja menggelar peragaan busana koleksi terbarunya, yakni koleksi Ramadhan dalam acara Colors of Asia Dinner di Hotel Aston Priority Simatupang, Jakarta Selatan. 

Dalam acara tersebut, ia memamerkan kurang lebih 10 koleksi terbaru yang cocok digunakan dalam bulan Ramadhan ini. 

“Proses pembuatannya lumayan cepat, hanya dua minggu. Untuk warna-warna yang aku pilih di sini lebih ke warna-warna cerah, karena dibuat memang untuk anak-anak muda, jadi biar terkesan cheerful,” kata Ayu saat diwawancarai Kompas.com, sebelum peragaan busana dimulai. 

Baca juga: 3 Tips Tampil Tetap Segar Selama Bulan Ramadhan

Ayu mengaku, dalam proses pembuatannya, ia tak mengalami kesulitan, karena model baju yang ia buat merupakan model yang juga sering ia gunakan sehari-hari. 

“Inspirasi desainnya juga datang aja gitu, tiap aku lihat sesuatu yang menarik, aku pasti jadikan itu sebagai inspirasi dalam pembuatan desain baju-baju koleksi Ramadhan ini,” pungkasnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com