Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Taman Bermain Ramah Anak Disabilitas di Jakarta

Kompas.com - 19/03/2024, 09:00 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran taman bermain atau playground kini tak selalu fokus untuk menyediakan sarana bermain dan eksplorasi untuk sang buah hati. 

Tak hanya itu, kini taman bermain pun kini menyediakan wahana permainan yang edukatif, bahkan inklusif, bagi anak berkebutuhan khusus bahkan disabilitas. 

Taman bermain yang dimaksud adalah Buumi Playscape, yang terletak di Pacific Place, Jakarta Selatan. 

Baca juga: Baru, Buumi Playscape Hadirkan Tempat Bermain Inklusif di Plaza Senayan

Baca juga: Cara Mengubah Halaman Belakang Rumah Menjadi Taman Bermain Anak

Co-founder sekaligus CEO Buumi Playscape, Natasha Guna mengklaim, taman bermain yang ia miliki ini merupakan “safe space” bagi anak-anak berkebutuhan khusus, mulai dari disabilitas hingga penderita down syndrome

Co-founder dan CEO Buumi Playscape, Natasha Guna (tengah), saat sesi talkshow memperingati hari Down Syndrome sedunia, di taman bermain miliknya, di Pacific Place, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2024). KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Co-founder dan CEO Buumi Playscape, Natasha Guna (tengah), saat sesi talkshow memperingati hari Down Syndrome sedunia, di taman bermain miliknya, di Pacific Place, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2024).

“Mungkin bisa dilihat, kalau Buumi itu membangun playground-nya tidak modular. Modular itu artinya tinggi ke atas,” ujar Natasha dalam talkshow memperingati hari Down Syndrome sedunia di Buumi Playscape, Pacific Place, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2024). 

Lebih lanjut, Natasha mengatakan, hal itu dilakukan agar anak-anak berkebutuhan khusus tetap bisa bermain tanpa harus merasa kesulitan. 

Baca juga: Buumi, Tempat Bermain Anak Bertema Wonder Forest di Plaza Senayan

“Kalau ada anak pakai wheel chair (kursi roda), atau down syndrome, atau anak-anak yang bahkan bermasalah psikomotornya tentu saja akan susah naik sampai ke atas,”

“Makanya kenapa kita bikin ruangan-ruangan private kayak gini juga, itu tujuannya kalau misalnya di luar terlalu ramai, anak-anak bisa main di sini dan merasa nyaman,” lanjut Natasha. 

Punya staf yang terlatih dan punya background psikologi

Acara peringatan hari Down Syndrome sedunia yang digelar di Buumi Playspace, Pacific Place, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2024). KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Acara peringatan hari Down Syndrome sedunia yang digelar di Buumi Playspace, Pacific Place, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2024).

Selain itu, kata Natasha, staf-star penjaga di Buumi Playscape punya background psikologi bahkan ada juga yang merupakan early childhood facilitator

Hal itu disediakan agar ketika anak bermain di Buumi Playscape, interaksinya lebih bagus dan bisa tersampaikan dengan baik. 

“Jadi orangtua juga ngerasa kalau anaknya main di tempat ini, anaknya bisa diterima, bahkan interaksinya juga bagus dan tersampaikan dengan baik karena staf-staf kita memang diajarkan untuk itu,” tambahnya.

Natasha menegaskan, tujuannya dalam membuat taman bermain Buumi Playscape ini memang karena dirinya dan kedua rekannya berfokus untuk menciptakan safe space

“Sebagai sebuat tempat, kita fokus untuk menciptakan safe space dengan menghadirkan fasilitas yang menunjang semua kebutuhan, dan menghadirkan kru atau fasilitator yang bisa menangani semua kondisi,” pungkas Natasha.

Baca juga: Diungkap, Pentingnya Bermain untuk Perkembangan Otak Anak

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com