Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Penonton Drakor Gampang Baper dengan Drama Selebritas

Kompas.com - 22/03/2024, 15:25 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tayangan drama Korea atau drakor masih diminati sampai saat ini. Selain karena alur ceritanya yang menarik, akting para selebritas yang berperan juga tampaknya selalu mencuri perhatian.

Tak heran, banyak penonton drakor atau netizen kerap kali terbawa perasaan (baper) karena cerita-cerita di dalam drama yang mereka saksikan.

Dalam beberapa kasus, netizen juga sering melakukan perjodohan, atau yang dikenal dengan istilah "ngeship", kepada beberapa idola mereka yang terlibat dalam drama yang sama.

Namun, ketika idola mereka tidak berjodoh di dunia nyata, netizen akan menuangkan kekecewaan mereka di media sosial (medsos).

Baca juga: Arti Kata Shibal, Bahasa Umpatan Korea yang Sering Muncul di Drakor

Lalu, apa sebenarnya alasan penonton drakor mudah baper, terutama pada bumbu-bumbu drama selebritas yang biasanya terjadi di luar lokasi syuting drakor? Berikut penjelasannya.

Alasan penonton drakor baper dengan drama selebritas

Alasan utama yang membuat penonton drakor atau netizen gampang baper dengan bumbu-bumbu drama para selebritas tidak lain adalah karena keterhubungan secara emosional.

Psikolog klinis Tiara Puspita mengatakan, perasaan terhubung secara emosional dengan karakter-karakter dalam cerita yang mereka ikuti menyebabkan penonton drakor menjadi memiliki ikatan emosional yang kuat juga dengan sosok para selebritas tersebut dalam kehidupan nyata.

"Biasanya obsesi dengan para selebriti ini dapat terjadi karena kehidupan selebriti biasanya juga memiliki unsur drama yang menarik untuk diikuti sehingga memberikan sensasi menantang bagi penonton seolah sedang menonton drakor atau film," ungkap Tiara melalui jawaban tertulisnya kepada Kompas.com, Kamis (21/3/2024).

Menurutnya, dengan mengikuti drama tersebut, netizen atau penonton dapat seolah masuk ke dalam drama yang menarik, dan untuk situasi-situasi tertentu hal itu dapat menjadi pelarian dari kehidupannya sendiri.

Sementara itu, psikolog Meity Arianty STP, MPsi menambahkan bahwa netizen juga menyukai sesuatu yang penuh imajinasi sehingga ketika daya khayal mereka dalam tingkat yang tinggi, mereka akan larut dalam cerita drakor yang ditonton.

"Ini tidak hanya terkait penonton drakor saja. Jika kita lihat, ini juga pernah terjadi pada fenomena pasangan dalam sinetron Indonesia yang diidolakan oleh para netizen hingga ke dunia nyata, walaupun sebetulnya aktris atau aktor tersebut sudah memiliki pasangan resmi di luar sinetron yang mereka perankan," imbuh Tiara.

Baca juga: 8 Tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta, Menurut Drakor True Beauty

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com