Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Kulit Sawo Matang? Jangan Takut Mencoba Warna Busana

Kompas.com - 02/04/2024, 09:09 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda-beda dan memiliki ciri khas sendiri. Di Indonesia kebanyakan orang memiliki kulit yang eksotis dan banyak juga yang mempunyai kulit berwarna gelap.

Nah, mereka yang memiliki warna kulit coklat hngga gelap, perlu memilih warna baju yang sesuai dengan warna kulitnya. Pasalnya ada warna tertentu yang membuat kulit tampak lebih gelap dan kusam.

Lalu bagaimana caranya memilih warna baju untuk perempuan yang berkulit gelap?

Pada kesempatan berbincang dengan rubrik Talk of Kinds dengan topik “Padu Padan Baju Lebaran Untuk Tampil Stylish Saat Idul Fitri” , CEO dan founder Kami, Istafiana Candraini membagikan tips memilih warna baju untuk perempuan berkulit sawo matang maupun gelap.

Baca juga: 4 Keuntungan Punya Kulit Sawo Matang, Orang Indonesia Patut Bangga

Ilustrasi perempuan berbaju kuning Ilustrasi perempuan berbaju kuning

Menurutnya, mereka yang berkuit sawo matang haus mencoba berbagai warna untuk menemukan mana yang sesuai dengan kulitnya.

Hal ini perlu dilakukan karena setiap rona kulit memiliki kecocokan dengan warna berbeda.

"Mencoba berbagai warna akan membantu untuk menemukan warna yang sesuai dengan kulit kamu," ujar Istafiana, Kamis (28/3/2024).

“Daripada kita memaksakan harus nurut dengan warna di zona nyaman, contohnya seperti hitam atau warna tua, lebih baik explore berbagai warna untuk mengetahui mana yang cocok dengan kulitmu," lanjutnya.

Istafiana juga menambahkan untuk rajin mencoba berbagai styling serta mencari referensi yang cocok agar lebih percaya diri.

Hal lain yang bisa dilakukan seseorang berkulit sawo matang untuk terlihat lebih segar dan cerah adalah dengan menggunakan lipstik yang sesuai.

Ilustrasi memakai lipstickfreepik Ilustrasi memakai lipstick

Istafiana mengatakan pada saat awal memakai hijab, Ia kerap menghindari pakaian atau hijab yang berwarna putih karena kontras dengan warna kulitnya yang sawo matang.

“Tetapi ternyata kuncinya adalah memakai lipstik yang sesuai,” ucapnya.

Selain itu, makeup juga berpengaruh pada penampilan dan busana yang dikenakan. Jika makeupnya sudah sesuai memakai pakaian dengan warna apapun akan terlihat cantik.

Baca juga: Rekomendasi Warna Lipstik untuk Kulit Sawo Matang, Jangan Pakai Nude

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com