Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Mobil Meludah Saat Ditegur, Apa Penyebab Orang Mudah Marah?

Kompas.com - 13/04/2024, 19:25 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang laki-laki pengendara mobil marah sampai meludah saat ditegur lantaran parkir sembarangan.

Dikutip dari laman Kompas.com, pada Sabtu (13/4/2024), mobil tersebut berhenti tidak terlalu pinggir yang menyebabkan lalu lintas di sekitarnya tersendat.

Alih-alih minta maaf, laki-laki tersebut justru marah dan meludah ke arah perekam video.

Berkaca dari kejadian tersebut, apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang itu mudah sekali marah hingga menimbulkan perilaku negatif seperti meludah?

Penyebab orang mudah marah

Menurut psikolog Meity Arianty STP, MPsi, disadari atau tidak, kemarahan itu bentuk lain dari luapan emosi yang tertahan di dalam diri yang tidak tersalurkan, dan itu menjadi sumbatan yang ada di dalam diri seseorang.

Selain itu, sifat arogan yang muncul saat seseorang tidak terima ketika mendapat teguran atau kritikan juga bisa berasal dari keinginan untuk selalu merasa berkuasa.

Baca juga: Cuaca Panas Bikin Mudah Marah? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Terlebih, setelah ditelusuri lebih lanjut, laki-laki bernama Arie Febriant yang meludah tersebut rupanya memiliki jabatan mentereng di Pertamina.

"Jika melihat situasi di atas dilakukan oleh orang yang memegang jabatan penting, sehingga merasa sombong dengan kedudukannya," ungkap Meity saat dihubungi Kompas.com.

"Rata-rata pelaku kejahatan seperti itu dilakukan oleh orang yang berkuasa, memiliki kedudukan tinggi, pejabat, berseragam, memiliki kekayaan lebih, dan laki-laki, atau kuat, atau pemegang otoritas," terangnya.

Menurut Meity, orang-orang seperti itu adalah orang yang memiliki masalah dalam mengelola emosi atau amarahnya (anger management), yang pada akhirnya mengarah kepada perilaku negatif.

"Marah itu hal yang wajar, namun marah juga ada cara dan ada tempatnya. Marah yang tidak terkontrol dan asal marah tidak dibenarkan. Sebab, sebagai manusia kita punya tata cara bagaimana berhubungan dengan orang lain," kata Meity.

"Jadi, orang yang memiliki masalah psikologis terutama berkaitan dengan emosinya cenderung lebih mudah menyalahkan orang lain dan mudah melampiaskan ke luar dirinya dibanding masuk ke dalam dirinya dan introspeksi," jelas dia.

Baca juga: Zodiak Paling Gampang Marah Menurut Astrologi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com