Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2024, 15:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com -  Orangtua cenderung cemas saat anak sakit, sehingga mengupayakan beragam pengobatan agar si kecil cepat sembuh. Namun demikian, anak usia di bawah empat tahun dianjurkan tidak terlalu sering mengonsumsi obat pereda batuk yang diajual bebas maupun resep dokter. 

Sebagai gantinya, orangtua bisa memberikan obat batuk alami untuk anak. Jika obat batuk alami tidak kunjung menyembuhkan batuk si kecil, maka orangtua bisa memeriksakannya ke dokter. 

Baca juga: Kenapa Anak Tidak Boleh Minum Dingin Saat Batuk Pilek?

Obat batuk alami untuk anak  

Berikut sejumlah obat batuk alami untuk anak seperti dilansir dari Medical News Today dan Parents.

1. Madu 

Ilustrasi madu. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi madu.

Sejumlah penelitian sudah membuktikan khasiat madu untuk meredakan batuk, termasuk pada anak kecil. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki kemampuan untuk meredakan batuk, serupa dengan obat  batuk dekstrometorfan. 

Orangtua bisa mencampurkan madu dengan secangkir air putih hangat. Namun, perlu dicatat bahwa madu tidak dianjurkan untuk anak usia di bawah satu tahun, 

2. Jahe 

Ilustrasi jahepixabay.com Ilustrasi jahe

Jahe dapat meredakan batuk kering karena memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu, jahe juga berkhasiat untuk meredakan mual dan nyeri.

Sebuah penelitian pada 2015 meneliti sepuluh produk alami yang digunakan dalam pengobatan tradisional Asia, termasuk jahe. Hasilnya, jahe dan sejumlah produk pengobatan alami lainnya, termasuk madu, memiliki khasiat untuk mengobati sejumlah penyakit. 

Orangtua bisa menambahkan jahe ke dalam minuman hangat untuk anak, atau dalam kuah masakan. Namun hati-hati, sebab pada beberapa kasus jahe bisa menyebabkan sakit perut atau mulas.

Baca juga: Temulawak Bisa Atasi Batuk pada Anak, Begini Cara Membuatnya

3. Kaldu 

Ilustrasi kaldu sapi SHUTTERSTOCK/ Ahanov Michael Ilustrasi kaldu sapi

Kaldu hangat tidak hanya berfungsi meredakan gejala batuk. Lebih dari itu kaldu memiliki sejuta manfaat buat si kecil karena memiliki sifat anti inflamasi. 

Kaldu hangat daapt meredakan sakit tenggorokan, serta membantu mengencerkan lendir di saluran hidung. Dengan demikian, kaldu hangat dapat meringankan batuk yang disertai hidung tersumbat.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com