Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jam Tangan Chronograph yang Jadi Favorit Banyak Orang

Kompas.com - 07/05/2024, 14:36 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Istilah jam tangan chronograph pasti sudah tidak asing lagi bagi para penggemar arloji. Sebab, chronograph adalah salah satu fitur yang memang paling umum disematkan pada jam tangan masa kini.

Namun apakah kamu sudah benar-benar memahami apa itu chronograph selain fakta bahwa jam tangan dengan fitur ini terlihat lebih keren dan sporty?

Untuk memahami lebih jauh apa itu chronograph, Andrean Saputro, VP of Marketing jamtangan.com akan membantu memahami semua hal paling dasar namun penting tentang fitur satu ini. 

Baca juga: 12 Rekomendasi Jam Tangan Kronograf yang Bisa Dikoleksi

Definisi jam tangan chronograph

Jaeger-LeCoultre Master Control Chronograph Calendar Jaeger-LeCoultre Master Control Chronograph Calendar
Ini adalah pertanyaan paling umum dicari, khususnya bagi orang yang masih awam dengan dunia jam tangan. Singkatnya, chronograph adalah salah satu fitur yang disematkan pada jam tangan dan berfungsi mencatat atau mengukur jumlah waktu yang berlalu. 

"Bisa dibilang, istilah chronograph hanyalah “nama lain” dari stopwatch," ujar Andrean saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/4/2024). "Itu artinya, jam tangan yang dibekali fitur chronograph bisa menjalankan fungsi layaknya stopwatch." 

Istilah chronograph berasal dari dua kata bahasa Yunani kuno yaitu dari kata “chronos” yang artinya waktu dan “graph” yang artinya alat pencatat. Jadi, jam tangan chronograph merupakan jam tangan yang dilengkapi fitur pencatatan atau pengukuran waktu. 

Sejarah jam tangan chronograph

Sejarah chronograph dan perkembangannya Sejarah chronograph dan perkembangannya

Chronograph pertama kali dibuat tahun 1816 oleh watchmaker Louis Moinet dalam bentuk jam saku.

Sedangkan istilah chronograph baru dipakai oleh watchmaker Perancis bernama Nicolas Rieussec pada 1921 sebagai nama untuk alat pencatat waktu yang diciptakannya, yang berbentuk seperti jam meja. Pada saat itu chronograph banyak digunakan untuk mencatat durasi waktu pada lomba balap kuda.

Sedangkan pada jam tangan, chronograph pertama kali hadir pada tahun 1813 lewat jam tangan Longines monopusher. Breitling lalu membuat jam tangan chronograph dengan dua pusher pada 1915. Keduanya menggunakan mesin mechanical manual winding chronograph. 

Pada 1969 di Swiss terjadi perlombaan pengembangan mesin automatic chronograph pertama di dunia yang melibatkan Zenith dan konsorsium  Chronomatic (Project99) yang terdiri dari merek Heuer, Buren, Dubois Dépraz dan Breitling. 

Di saat merek-merek tersebut berlomba-lomba menciptakan dan memamerkan prototipe mesin jam tangan automatic chronograph pertama di dunia, diam-diam di Jepang Seiko mencuri start merilis jam tangan automatic chronograph lewat Speedtimer 6139. Sehingga sejarah mencatat jam tangan automatic chronograph pertama di dunia yang dirilis ke pasaran ialah Seiko.

Baca juga: Memahami Fungsi Kronograf pada Sebuah Arloji

Ciri-ciri jam tangan chronograph

Bagian-bagian jam tangan chronograph Bagian-bagian jam tangan chronograph
Sekilas, kita sudah bisa mengenali jam chronograph dari desainnya. Ciri paling khas dari jam chronograph adalah memiliki 2 atau 3 subdial bahkan ada yang 4.

Satu subdial biasanya berfungsi menunjukkan menit yang sudah berlalu (chronograph minutes hand) dan satu subdial lagi biasanya menunjukkan jam yang sudah berlalu (chronograph hours hand) selama kita mengaktifkan pencatatan waktu melalui fungsi chronograph. 

"Biasanya ada satu subdial yang bukan bagian dari fitur chronograph, melainkan untuk fungsi jarum detik waktu utama pada jam tangan biasa," ujar Andrean.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com