Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memperingati Para Juara, TAG Heuer Rilis Carrera Chronograph Emas

Kompas.com - 03/11/2023, 09:41 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Banyak arloji mewah terinspirasi dari dunia balap mobil. Ada yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pebalap, ada juga yang dibuat untuk mengenang momen-momen perlombaan.

Salah satu yang terinspirasi dari balapan paling berbahaya di dunia adalah TAG Heuer Carrera, yang mengambil namanya dari ajang Carrera Panamericana, perlombaan reli lintas batas di Meksiko sepanjang abad ke-20.

Jam yang dirancang oleh Jack Heuer pada tahun 1963 ini dikaitkan dengan sensasi dan pengejaran kemenangan yang tak henti-hentinya dalam olahraga motor.

Bertahun-tahun kemudian, Heuer mengajukan tawaran kepada Enzo Ferrari, kepala Tim Ferrari, dengan menawarkan TAG Heuer Carrera emas kepada para juara Ferrari sebagai imbalan atas pencantuman brand Heuer pada seragam tim.

TAG Heuer Carrera Chronograph Emas yang diberikan pada Ronnie Peterson TAG Heuer Carrera Chronograph Emas yang diberikan pada Ronnie Peterson
Ronnie Peterson, SuperSwede dari Ferrari, kemudian dianugerahi Carrera Chronograph emas 18K oleh Jack Heuer setelah menyelesaikan Grand Prix Jerman tahun 1972. Di bagian belakang jam tangan Peterson tertulis: “'Sukses' Ronnie Peterson dari Jack W. Heuer.”

Selain di pergelangan Ronnie, jam tangan ini juga terlihat di tangan pembalap Formula 1 Jacky Ickx, Niki Lauda, dan Clay Regazzoni.

Jam tangan ini kemudian melampaui perannya sebagai sekedar hadiah; namun telah menjadi lambang juara dan semangat mengejar kemenangan.

TAG Heuer Carrera Chronograph Emas 2023 TAG Heuer Carrera Chronograph Emas 2023
Nah tahun 2023 ini, TAG Heuer kembali merilis Carrera Chronograph emas 18K; sebagai peringatan 60 tahun kehadiran Carrera, mengambil pengaruh dari seri yang diberikan pada Ronnie Peterson.

TAG Heuer Carrera Chronograph 2023 tetap mengacu pada warisan jam tangan ikonik ini dan mempertahankan semangat desain asli yang pertama kali diluncurkan pada tahun 60an dan sepanjang tahun 70an.

TAG Heuer Carrera Chronograph Emas 2023 TAG Heuer Carrera Chronograph Emas 2023
Pada seri ini TAG Heuer merilis Chronosprint edisi khusus bersama Porsche yang terbungkus dalam emas kuning 18K yang tampak mewah.

Lalu Glassbox berkubah Carrera 2023 ditingkatkan menggunakan kristal hesalite melengkung, untuk menampilkan desain yang mencakup estetika jam tangan secara keseluruhan.

Di dalamnya, terdapat dial jam berlapis emas kuning 18K 3N dilengkapi dengan garis-garis vertikal, untuk mewakili arena balap, dan menampilkan subdial “azuré” hitam yang kontras pada posisi jam 3 dan 9.

TAG Heuer Carrera ini memiliki casing berdiameter 39 mm, yang menampung mesin jam Heuer 02, dengan putaran dua arah.

Menurut TAG Heuer, arloji ini bukan sekedar jam tangan; ini adalah simbol rekayasa presisi dan estetika abadi, penghargaan terhadap warisan olahraga motor, dan pengingat akan upaya mengejar keunggulan.

Baca juga: Mengejar Gairah akan Kecepatan, TAG Heuer Hadirkan Carrera Chronosprint x Porsche

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com