Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Perlu Mengirim Pesan Setelah Kencan Pertama?

Kompas.com - 14/05/2024, 15:30 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Melewati kencan pertama tanpa masalah bukan berarti tidak ada hal lain yang perlu dikhawatirkan.

Kita mungkin pernah mendengar berbagai macam pendapat yang berbeda tentang kapan kita harus mengirim pesan lagi ke gebetan setelah kencan pertama.

Misalnya, beberapa orang melakukannya setelah tiga hari. Ada pula yang harus menunggu selama seminggu penuh, dan sebagainya.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang hal ini, para ahli hubungan pun membagikan tips kapan sebaiknya kita menghubungi Kembali setelah kencan pertama.

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Tepat untuk Menjawab Pesan

Tips mengirim pesan ke gebetan setelah kencan pertama

1. Bisa kirim lebih cepat

Jika ingin mengirim pesan kepada gebetan pada malam yang sama setelah kencan, maka lakukanlah.

"Mengirim pesan lebih awal daripada nanti adalah hal yang paling masuk akal. Apalagi, kita baru saja bersama orang ini, jadi jelas, dia pasti ada di pikiran kita," kata seorang pakar hubungan, Chelsea Leigh Trescott.

Selain itu, para ahli juga merekomendasikan cara ini jika kita mengetahui waktu yang benar-benar tepat untuk kedua belah pihak.

Menurut pakar hubungan, Amber Lee, apabila kita dan gebetan memiliki hubungan kencan yang cukup baik sebelumnya, maka mengirimkan pesan singkat segera setelahnya adalah cara yang bagus untuk menjaga momentum dan memberikan kepastian pada gebetan bahwa kita tertarik untuk bertemu dengannya lagi.

Orang lain menyarankan bahwa hal ini seringkali merupakan hal yang paling sopan untuk dilakukan.

"Kebanyakan orang akan mengirim pesan dalam beberapa jam setelah tiba di rumah dan mengucapkan terima kasih kepada gebetannya," terang seorang pakar hubungan dan CEO Exclusive Matchmaking, Susan Trombetti.

Sementara itu, Andrea McGinty, seorang pelatih hubungan dan pendiri 33 Thousand Dates menambahkan bahwa mengirim pesan singkat beberapa jam setelah kencan menunjukkan kita menghargai waktu orang tersebut, dan kita menikmati kebersamaan dengannya.

2. Tidak perlu terlalu terburu-buru

Di sisi lain, kita juga tidak perlu terlalu terburu-buru untuk harus mengirim pesan pada hari yang sama.

Meskipun ada banyak pendapat berbeda tentang waktu yang tepat untuk mengirim pesan lanjutan, namun menurut seorang pakar kencan Lana Otoya, konsensus umum adalah 24 hingga 48 jam setelah kencan pertama.

Seperti yang dijelaskan lebih lanjut oleh Lee, ini adalah garis waktu dasar yang baik jika kita tidak benar-benar yakin bagaimana kencan tersebut berjalan bagi kedua belah pihak.

"Jika kita tidak yakin bagaimana kencan tersebut berjalan dengan baik, sebaiknya tunggu sehari sebelum mengirim pesan," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com