Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Bikin Ilfeel, Jangan Lakukan 10 Hal Ini Saat Kencan Pertama

Kompas.com - 31/01/2024, 11:12 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat kencan pertama.

Mengetahui tentang perilaku apa yang harus dilakukan dan tidak sangat menentukan apakah kencan akan berlanjut atau berhenti.

Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat kencan pertama, seperti dikutip dari laman Psychology Today dan Cosmopolitan, Rabu (31/1/2024).

Baca juga:

Hal yang tidak boleh dilakukan saat kencan pertama

1. Datang terlambat

Datang terlambat pada kencan pertama akan memberikan kesan yang buruk dan bisa membuat gebetanmu merasa kesal.

Selain itu, datang tidak tepat waktu juga menandakan kamu sebenarnya tidak terlalu peduli dan kurang menghargai waktu orang lain.

Jadi, jika erasa ada hal-hal yang perlu diselesaikan sebelum kencan pertama yang membuatmu sepertinya bakal datang terlambat, pastikan untuk memberi kabar terlebih dahulu melalui pesan singkat.

2. Bersikap tidak sopan pada staf atau pelayan

Di mana pun kamu pergi ketika berkencan, terutama di kafe atau restoran, hal terburuk yang harus dihindari adalah bersikap kasar dan tidak sopan kepada staf atau pelayan.

Bersikap tidak sopan tidak hanya akan membuat suasana kencan menjadi tidak nyaman, tetapi juga menunjukkan kepribadian yang tidak baik.

Jika staf atau pelayan mungkin memiliki pelayanan yang sangat buruk, kamu hanya perlu memberitahunya tanpa bersikap atau berkata kasar.

Baca juga: Apa Arti LDR? Istilah Populer dalam Dunia Kencan

3. Membicarakan mantan

Kecuali jika ditanya secara langsung, hindari pembicaraan tentang mantan. Ini hanya akan membuat kamu terlihat seperti belum move on dari hubungan sebelumnya.

Sekalipun gebetan menanyakan soal mantan, katakanlah hal yang paling singkat dan paling baik yang kamu bisa, serta secara halus dan sopan cobalah untuk mengubah topik pembicaraan.

4. Bermain HP

Bermain handphone saat kencan pertama memberi kesan kamu bosan atau terganggu dan keduanya tidak bisa ditangkap sebagai hal kurang baik terhadap orang yang sedang bersamamu.

Jika harus memeriksa HP, minta maaflah, jelaskan alasannya, dan lakukan dengan cepat, atau permisi ke kamar kecil dan lakukan di sana.

5. Membicarakan soal pasangan ideal

Topik soal pasangan ideal sebaiknya tidak dibicarakan saat kencan pertama, karena gebetan atau orang yang kamu ajak kencan belum tentu sesuai dengan ekspektasimu.

Hal ini kemungkinan besar akan membuat orang lain merasa tidak nyaman dan mungkin ilfeel, daripada membuatnya tertarik.

Baca juga: 5 Warna yang Sebaiknya Tidak Dipakai Saat Kencan Pertama

6. Banyak bicara tentang diri sendiri

Pastikan percakapan mengalir secara dua arah dan jangan mempersulit orang lain untuk berbicara.

Jika pasangan kencanmu tidak banyak bicara, cobalah mengajukan pertanyaan terbuka, sehingga dia merasa terlibat dan diperhatikan.

7. Selalu memeriksa penampilan

Memperhatikan penampilan sesekali saat kencan pertama adalah hal yang wajar. Lagi pula, kamu pasti ingin terlihat menawan di depan gebetan.

Namun, terlalu sering memeriksa penampilan bisa sangat mengganggu suasana dan menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang narsis alias terobsesi pada diri sendiri.

Jika merasa tidak nyaman dengan tampilanmu, bisa minta izin untuk ke kamar kecil atau toilet untuk memperbaikinya dengan segera.

Baca juga: 4 Kesalahan Saat Kencan Pertama, Bisa Bikin Calon Pasangan Menjauh

8. Memberikan ceramah

Ada alasan mengapa kamu tidak boleh mendiskusikan masalah politik atau agama saat kencan pertama.

Ketika memiliki pendapat atau keyakinan yang kuat akan sesuatu, kamu akan mudah merasa terlalu bersemangat, dan bisa jadi malah memonopoli diskusi.

Jadi, berhati-hatilah saat mendiskusikan apapun yang membuat kamu merasa bergairah atau marah dan pastikan untuk tidak membuat lawan bicara malah ingin pergi saja.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com