Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Pasangan Berpisah meski Masih Saling Peduli

Kompas.com - 26/11/2023, 15:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Insider

KOMPAS.com - Mengakhiri hubungan asmara memang sulit dan menyakitkan, tetapi terkadang hal itu perlu dilakukan.

Sebab, mempertahankan hubungan yang tidak lagi baik bagi kedua belah pihak dapat menjadi bumerang dan menyebabkan lebih banyak sakit hati di kemudian hari, terutama jika ada masalah yang disembunyikan.

"Dua orang yang benar-benar baik dan menyenangkan bisa saja menjalin hubungan bersama, dan bisa saja tidak berhasil karena mereka tidak cocok satu sama lain."

Demikian penuturan Susan South, seorang profesor psikologi klinis di Purdue University, kepada Insider.

Lebih lanjut, Susan pun menjelaskan beberapa alasan paling umum mengapa pasangan akhirnya memutuskan untuk berpisah, bahkan jika mereka benar-benar masih saling peduli dan menyayangi satu sama lain.

1. Mengabaikan ketidakcocokan sejak awal

Meskipun komitmen sangat penting untuk hubungan yang sehat, Susan mengatakan bahwa beberapa pasangan dapat mengabaikan ketidakcocokan sejak dini demi tetap bersama.

"Pada awalnya, mereka merasa bisa melewati perbedaan apa pun yang dimiliki dengan orang tersebut, namun hal itu tidak selalu benar," katanya.

"Apa pun masalah yang terjadi saat pertama kali menjalin hubungan, mungkin itulah yang akan kita pertengkarkan sekitar 20 tahun ke depan, karena kepribadian kita tidak akan banyak berubah," jelas dia.

Susan juga mengatakan, jika pasangan tidak dapat menghadapi perbedaan-perbedaan tersebut dan menerimanya, mereka bisa jadi akan lebih sering bertengkar karena begitu kita merasa berkomitmen pada seseorang, kita ingin membuatnya berhasil.

Namun, ketika pasangan akhirnya menghadapi ketidakcocokan yang krusial itu, mereka mungkin akan berpisah dan berharap mereka melakukannya bertahun-tahun sebelumnya.

2. Tidak sejalan dalam hal-hal besar

Selain perbedaan kepribadian, beberapa pasangan mungkin menghindari membicarakan hal-hal besar yang tidak bisa ditawar seperti keuangan dan keluarga.

Menurut Susan, mengelola uang dan keinginan untuk punya anak serta cara membesarkannya, adalah beberapa perbedaan pendapat yang dapat membuat pasangan mengakhiri hubungan mereka.

Itulah mengapa ia merekomendasikan untuk membicarakannya sebelum membuat komitmen besar seperti menikah.

3. Tidak membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan

Selain bergaul satu sama lain, penting bagi pasangan untuk terus membantu satu sama lain mencapai tujuan mereka.

Susan mengutip sebuah studi tahun 2022 yang menemukan bahwa pasangan yang saling mendukung tujuan satu sama lain akan lebih berkembang bersama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com