Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Tanpa Suplemen, Begini Cara Bikin Berat Badan Ideal dengan Pola Makan Sehat dari Mealplan.id

Kompas.com - 20/05/2024, 17:27 WIB
Anis Nur Aini,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mencapai berat badan ideal merupakan dambaan hampir tiap orang, utamanya perempuan. Bukan hanya sekadar agar tubuh tampak proporsional, menjaga berat badan ideal merupakan upaya diri agar lebih sehat.

Sayangnya, tak setiap orang dapat berhasil menjaga berat badan ideal. Ini karena dalam prosesnya, menjaga berat badan ideal sering kali dianggap kompleks. Terlebih, bagi seseorang yang punya segudang kesibukan pada aktivitas harian.

Oleh karenanya, sering kali orang tergoda untuk memilih jalan pintas yang tidak sehat, seperti mengonsumsi suplemen atau menjalani diet ekstrem.

Ketahuilah, hal itu bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, penting untuk memilih cara yang aman dan sehat dalam menurunkan atau menaikkan berat badan. Hal terpenting, niat untuk menjaga berat badan ideal sudah ditanamkan pada diri sendiri.

Bayangkan, jika pola hidup tidak teratur yang kamu jalani sekarang tetap berkelanjutan hingga masa tua nanti. Hal ini memicu beragam gangguan dan masalah kesehatan yang bisa terjadi pada tubuh.

Tiap masalah kesehatan tak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga keluarga dan orang terdekat. Tak hanya itu, perlu biaya yang besar untuk menjalani berbagai pengobatan.

Menjalani diet

Dalam upaya menjaga berat badan ideal, seseorang biasanya mulai menjalani diet. Belakangan, berbagai metode diet pun marak bermunculan, mulai dari yang ringan sampai ekstrem.

Kalau kamu merupakan salah satu yang sedang mencari metode tepat, pikirkan ulang mengenai metode diet ekstrem. Pola diet ini perlu dihindari karena dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan akibat kurangnya asupan nutrisi harian.

Hindari juga diet dengan suplemen meski banyak iklan beredar yang mengatakan hal ini sehat.

Namun, tahukah kamu kalau penggunaan obat dalam menjalani diet ketat dapat memicu sejumlah masalah kesehatan fisik ataupun mental? Misalnya stres, perubahan suasana hati, bahkan depresi. Belum lagi, ada efek ketergantungan yang bisa terjadi akibat konsumsi obat atau suplemen secara berkepanjangan.

Jika kamu ingin menurunkan ataupun menambah berat badan, sebaiknya dilakukan dengan cara yang alami dan sehat agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Maka dari itu, kesadaran diri sangat penting untuk memulai pola hidup sehat. Langkah sederhana bisa dimulai dengan menjalani pola makan sehat agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit di masa depan.

Ilustrasi seseorang saat berkonsultasi lewat Zoom Dok. Mealplan.id Ilustrasi seseorang saat berkonsultasi lewat Zoom

Program pengaturan pola makan sehat di Mealplan.Id

Menjalani pola makan sehat pun mesti disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Artinya, pola makan seseorang belum tentu bisa diaplikasikan pada orang yang lain. Sebab, kondisi tubuh dan kebutuhan gizi setiap orang berbeda-beda. Ada yang harus banyak menambah atau memenuhi nutrisi dari makanan tertentu, tetapi ada juga yang harus menguranginya.

Maka dari itu, Mealplan.id hadir untuk membantu setiap orang mengatur pola makan yang sehat secara personal sehingga hidup sehat menjadi lebih mudah dan tidak membosankan.

Tak perlu khawatir akan risiko kesehatan. Sebab, program pengaturan pola makan sehat tanpa suplemen dari Mealplan.id disupervisi oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik sehingga aman diikuti oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit tanpa perlu khawatir.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com