Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mal di Depok Ini Punya Beragam Koleksi Kebaya, Harga Mulai Rp 150.000

Kompas.com - 04/06/2024, 12:12 WIB
Devi Pattricia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Berburu kebaya untuk wisuda ataupun lamaran memang sangat identik dengan Tanah Abang di Jakarta Pusat.

Namun, bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Depok, tak perlu jauh-jauh ke Pasar Tanah Abang hanya untuk berburu kebaya maupun kain songket. Kamu juga bisa mengunjungi ITC Depok untuk mencari kebaya-kebaya yang cantik dengan harga yang masih terjangkau. 

ITC Depok menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang telah berdiri lebih dari 17 tahun lamanya.

Baca juga: Tips Daily Look Pakai Kebaya Dasiyah Gadis Kretek

Berdasarkan pantauan langsung Kompas.com, Senin (3/5/2024), kurang lebih ada sembilan toko yang menjual kebaya modern. Tak hanya kebaya, sebagian besar toko itu juga menjual kain songket maupun lilit yang bisa dipadupadankan dengan kebaya modern.

Salah satu toko yang sempat dikunjungi yaitu Pras Collection. Toko ini berhasil mencuri perhatian karena memiliki berbagai jenis kebaya yang lengkap dan ramai didatangi pengunjung. 

Jenis kebaya yang dijual oleh Pras Collection 

Pemilik Pras Collection, Marni mengaku dirinya belum lama membuka toko di ITC Depok. Ia menjelaskan bahwa hingga saat ini kebaya model kutu baru masih sangat diminati oleh kalangan muda.

Sebagian kebaya yang ia jual sudah memiliki inner bahan yang selaras dengan warna kain brokat kebayanya. Sehingga bagi para hijabers tak perlu membeli inner terpisah. 

“Kutubaru sama kebaya encim juga ada, kebanyakan emang anak muda sih yang cari. Sebagian besar kebaya yang kami jual itu sudah termasuk inner bahan yang sesuai dengan warna brokat, biar engak ribet beli-beli lagi secara terpisah,” kata Marni kepada Kompas.com saat ditemui di ITC Depok.

Selain kebaya kutubaru, kebaya encim juga tak kalah diincar oleh para pembeli. Sebab kebaya encim terlihat simpel tetapi memiliki hiasan bordir yang elegan. Sehingga jika dipakai sehari-hari pun tetap nyaman dan tidak terlalu nyentrik.

Baca juga: 3 Ide Padu Padan Kebaya untuk Gaya Kasual

Kisaran harga untuk satu kebaya 

Marni mengungkap untuk model kebaya kutubaru harganya dibanderol mulai dari Rp 150.000 saja. Baik lengan pendek maupun panjang harganya pun sama saja lho. 

“Kalau kisaran harga itu mulai dari Rp 150.000 ya, itu buat model kutu baru bahan katun. Lengan pendek atau panjang sama aja harganya,” ujarnya.

Namun harga tersebut berbeda dengan kebaya encim toyobo yang sedikit lebih tinggi. Sebab, kebaya model ini memiliki detail bordiran yang berwarna warni dan cukup kompleks dan bahan yang lebih premium.

"Harga kebaya encim toyobo itu Rp 180.000-200.000, tergantung ukuran juga,” jelas Marni.

Meski tak memiliki inner bahan seperti kebaya kutubaru, Marni menyatakan  bahwa kebaya encim ini tidak menerawang walaupun tidak memiliki inner.

Namun ia menyarankan untuk menambahkan long torso apabila ingin postur tubuh terlihat lebih tegak. 

Kebaya encim toyobo itu nggak nerawang sih, cuma ada orang yang pengen lebih tegap posturnya bisa ditambahin long torso,” ujarnya. 

Baca juga: Tip Padu Padan Kebaya Warna Gelap agar Penampilan Anggun Saat Lamaran

Tak cuma kebaya, adapula aneka kain songket

Lebih lanjut, Pras Collection juga menyediakan berbagai pilihan bawahan untuk kebaya, seperti songket Palembang, kain lilit batik, rok batik plisket, hingga rok dengan motif Betawi. 

“Songket itu banyak juga ada yang songket kilap Palembang, kain lilit bahan silk juga ada, kain bawahan plisket gitu, sama kain-kain songket yang udah dijahit jadi tinggal pakai aja kami juga punya,” ujar Marni. 

“Kalau misalnya mau pakai rok batik gitu, kami juga ada rok Betawi. Ada juga rok duyung yang bahannya batik,” paparnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com