Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2017, 11:36 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Anda telah berhasil menemukan dan membeli piringan hitam yang menarik setelah berjam-jam digging di toko vinyl antik.

Kini, pertanyaannya adalah bagaimana cara tepat untuk menyimpan dan merawat rekaman musik tertua ini di Indonesia yang iklimnya panas dan lembap.

Vincent Rompies, basis untuk The Cash dan kolektor vinyl, memberikan tipsnya di acara peluncuran buku #GilaVinyl oleh vokalis Bangku Taman, Wahyu Acum, yang diadakan di Toko Buku Aksara Kemang, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

“Kalau dulu sih saya rajin membuka satu-satu dan membersihkan. Tapi sekarang karena sudah ribet jadi nyuruh orang saja sih,” ujarnya.

Orang tersebut memang bertugas khusus untuk mengatur dan merawat koleksi vinyl Vincent yang tak terhitung jumlahnya setiap enam bulan sekali.

Untuk membersihkan vinyl, Vincent berkata bahwa cara termudah adalah dengan menggunakan tisu basah dan lap microfiber.

Arian juga mengatakan hal yang sama. Setelah dibersihkan menggunakan tisu basah, vinyl koleksi vokalis Seringai ini kemudian dikeringkan terlebih dahulu sebelum dikembalikan ke tempatnya.

Dia lalu bercerita bahwa saat masih mengontrak, lemari vinyl koleksinya diletakkan di samping kamar mandi. Ternyata, kelembapan udara dari kamar mandi membuat lemari dan plastik yang digunakan Arian untuk membungkus vinyl berjamur.

“Jadi,mungkin jangan taruh vinyl di tempat-tempat lembap,” katanya.

Sementara itu, pembawa acara juga mengungkapkan bahwa Irama Nusantara, arsip musik Indonesia yang didirikan oleh penggila vinyl David Tarigan, memiliki cara yang unik dalam menjaga koleksinya.

Secara reguler, Irama Nusantara menyemprotkan alkohol dan menyikat koleksi vinyl mereka dengan sikat berbulu sangat halus. Vinyl kemudian dibiarkan kering sebelum dilap dan disimpan kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com