Salin Artikel

Tren Jam Tangan Emas Bangkit Kembali?

KOMPAS.com - Ada banyak pro dan kontra mengenai jam tangan emas. Bagi orang yang memilikinya, penunjuk waktu ini bukan sekedar pelengkap gaya. Tapi, lebih soal investasi di pergelangan tangan.

Arloji emas adalah lambang kaum yuppies (alias Young Urban Professionals) pada era 1980-an di Wall Street. Patrick Bateman-karakter fiksi antagonis dalam novel American Psycho yang diperankan oleh Christian Bale-memiliki satu buah jam tangan ini. Begitu pula Donald Trump, Presiden AS ini juga memiliki beberapa koleksi jam tangan emas.

Nah rupanya kini tren jam tangan emas kembali hadir di pergelangan para politikus, para anggota kerajaan di negara-negara Timur Tengah, dan anak-anak kaya yang suka pamer di Instagram. Bisa jadi ini merupakan pertanda kembalinya gaya kaum yuppies, atau memang dunia mulai menghargai arloji logam mulia ini lebih tinggi.

Ketika merek jam tangan lainnya mulai beralih ke desain lebih halus dan bentuk yang lebih kecil, Rolex, Cartier, dan beberapa pembuat jam tangan memunculkan kembali jam tangan berbahan emas ini.

Erica Regrave, kolektor jam tangan mewah mengatakan bahwa pada acara Baselworld tahun ini banyak sekali jam tangan dengan desain tebal berbahan emas kuning dipamerkan, setelah beberapa tahun sebelumnya kebanyakan pembuat jam fokus pada jam tangan yang kecil.

"Meskipun permukaannya tidak dihiasi berlian atau fitur lain, namun model-model baru ini menunjukkan pengerjaan yang luar biasa dengan sentuhan yang lebih sederhana dan simpel. Cocok bagi mereka yang tidak terlalu suka jam yang mencolok," ucapnya.

Terry Markham, direktur pembelian Watchshop.com, mengatakan bahwa kesalahan terbesar yang mungkin terjadi pada bahan emas adalah menampilkan warna emas yang tidak sesuai, terutama dalam benda-benda yang merupakan gabungan aksesoris dan perhiasan.

"Emas yang terlalu kuning tidak pantas dipadukan dengan pakaian Anda karena akan tampak vulgar. Sedangkan yang pucat menjadi tenggelam, Anda bisa lupa bahwa mengenakan emas di pergelangan," papar Terry Markham.

Warna terbaik adalah kuning medium, yang tetap bercahaya namun tidak terlalu berkilauan seperti lampu-lampu kasino Las Vegas.

Apa sajakah Jenis Jam Tangan yang Beredar?

Anda pasti tahu sebuah pepatah bahwa 'tidak semua yang berkilau adalah emas'. Dan pepatah ini juga berlaku pada jam tangan.

Arloji dari bongkah emas murni memang hal yang bagus. Tapi, harganya bisa melebihi harga sebuah mobil. Walau begitu, masih banyak alternatif jam tangan emas yang lebih ramah di kantong.

PVD- physical vapour deposition, adalah metode penyepuhan dimana bahan yang dipilih, baik itu emas, baja atau karbon, diuapkan. Uap itu kemudian dilapiskan pada jam untuk menyatukan dua jenis bahan dan menghasilkan lapisan yang lebih awet.

Alternatif lain adalah pelapisan yakni dengan menambahkan lapisan tipis emas ke logam lain. Cara ini memberi kesan emas asli, tapi juga rentan terhadap aus, goresan, dan tidak tahan lama.

Bagaimana Cara Memakai Jam Emas?

Bergaya dengan jam tangan emas jauh lebih mudah dari yang mungkin Anda bayangkan. Jam ini bisa dipadupadankan dengan banyak pakaian, bukan hanya dengan setelan jas.

Jam tangan emas juga mudah disandingkan dengan pakaian santai-asalkan model yang Anda kenakan tetap keren. Contoh outfit yang cocok dengan model jam ini adalah T-shirt putih, jaket bomber yang simple, jeans yang rapi, kaos Oxford dan sejenisnya.

And juga bisa memadukannya dengan pakaian satu warna dari atas ke bawah sehingga menonjolkan arloji Anda. Monokrom terlihat khusus memberi anda platform 24 karat untuk sesuatu yang berkilauan.

10 Jam Tangan Emas Pilihan

1. Rolex Oyster Perpetual Date

2. Tudor Glamour Automatic

3. Elysee Sithon Automatic

Jam tangan sepuh emas ini menggabungkan teknologi otomatis modern dengan harga sekitar Rp 6,7 juta.

4. Gucci G-Timeless Dial Gold-Tone

Brand Italia ini telah lama menghadirkan jam tangan Swiss dan produk-produknya biasanya jauh lebih menarik daripada merek lain yang konservatif. Jam ini menjadi pendamping yang layak bagi pakaian pria karena keindahannya.

5. Cartier Tank

Kita semua tahu bahwa Armani Exchange merupakan label yang prestisius. Sebagian besar orang menyukainya. Kini gengsi dari merek itu dituangkan juga dalam arloji berlapis emas yang harganya cukup ramah di kantong, yakni sekitar Rp 1,8 juta.

7. Longines La Grande Classique

8. Audemars Piguet Royal Oak

Jagoan Swiss ini merupakan penanda status yang tak terbantahkan, terlepas apakah anda pengikut gaya Kendrick Lamar atau rapper lainnya. Kebetulan Audemars Piquet juga termasuk salah satu pembuat jam terbaik.

9. Tommy Hilfiger Luke Watch

10. Seiko Gold Plated Stainless Steel

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/02/120402720/tren-jam-tangan-emas-bangkit-kembali

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.