Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kanye West Bikin Yeezy Season 6, tapi Foto di Katalog Diklaim Jiplakan

Lookbook adalah semacam katalog, di mana terkumpul sejumlah foto yang menggambarkan koleksi terbaru dari seorang perancang, untuk kebutuhan marketing.

Dalam lookbook tersebut terlihat para model memeragakan pose berpelukan, melakukan handstands -berdiri dengan tangan, hingga bergulat dengan sesama model.

Dalam foto-foto tersebut tentu saja para model mengenakan sejumlah koleksi Yeezy terbaru.

Koleksi terbaru itu mengedepankan nuansa ringkas, dengan warna netral yang bisa dikenakan baik oleh pria, perempuan, maupun anak-anak.

Sayangnya, kerja apik itu menuai protes dan tudingan.

Pemilik akun Instagram populer @diet_prada menyebut foto-foto dalam lookbook tersebut menjiplak karya yang pernah ada sebelumnya. 

Pemilik akun tersebut lantas mengunggah beberapa foto sebagai bukti atas tuduhan tersebut. 

Foto-foto itu adalah karya fotografer Rita Minissi, dan gambar dalam katalog Yeezy terbaru terlihat identik dengan sederet bidikan Rita di tahun 2015.

Hampir semua gambar dalam lookbook terlihat sama dengan apa yang dihasilkan Rita tiga tahun silam.

Pada tanggal 18 April lalu, Kanye sempat mengunggah sebuah komentar di akun Twitter-nya, yang bisa jadi terkait dengan tudingan ini.

"Terlalu banyak penekanan diletakkan pada orisinalitas. Jangan ragu untuk mengambil ide dan memperbaruinya sesuai dengan selera kamu, sebab semua seniman hebat juga mengambil dan memperbarui."

Bukan pertama

Tuduhan pencurian ide semacam ini bukan pertama kali mendera Kanye West.

Pada bulan Mei lalu, mantan desainer Nike yang kini menjabat sebagai Direktur Desain Givenchy Tony Spackman membuka perseteruan dengan Kanye West.

Spackman menuduh West mencuri desainnya.

Awalnya, pada salah satu foto di antara sekian banyak unggahan West di akun Twitter-nya, dipajang sketsa struktur kaki manusia.

Pada unggahan itu disertakan penjelasan berbunyi, "Di sinilah pendalaman untuk Yeezy dimulai dari dasar. Saya sangat bersemangat tentang tim desain baru kami."

Spackman menyebut sketsa struktur kaki yang dipajang West itu adalah replika dari rancangan yang pernah dia buat lebih dari satu dekade silam.

"Ketika Kanye merobek sketsa Anda yang berumur 10 tahun, dan lalu mengklaimnya," tulis Spackman.

Belakangan, Spackman mengoreksi penjelasannya, dengan menyebut sketsa tersebut berusia 13 tahun.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/20/212500420/kanye-west-bikin-yeezy-season-6-tapi-foto-di-katalog-diklaim-jiplakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke