Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Berbusana untuk Pria Gemuk

KOMPAS.com - Bukan hanya wanita, pria yang bertubuh gemuk juga sering kesulitan tampil gaya dengan bobot tubuhnya.

Di era internet ini, sebenarnya kita bisa mendapat banyak inspirasi tampilan modis dan keren bagi si tubuh berisi. Salah satunya dari para pesohor yang tubuhnya di atas rata-rata. Berikut beberapa tipsnya:

1. Tipuan visual

Kunci untuk terlihat langsing adalah menggunakan tipuan visual dengan meminimalisir tampilan permukaan.

Misalnya selipkan kemeja ke dalam celana dan gunakan ikat pinggang agar perut nampak rata. Pakailah kemeja dengan pola garis vertikal, potongan v-neck atau kemeja berkancing agar perhatian mengarah ke pusat tubuh, bukan bagian perut. Selain itu, gunakan busana tone ringan di atas area yang lebih ramping.

2. Pilih warna netral dan motif klasik

Agar tak terlihat makin besar, hindari penggunaan kaus atau atasan warna terang seperti merah, ungu, hijau, kuning dan merah muda.

Memakai busana berwarna gelap akan menyamarkan bagian tubuh yang besar. Untuk menyempurnakan penampilan, gunakanlah kaus putih, jaket atau bahan sweater.

Pilihlah busana dengan pola standar, seperti kotak-kotak kecil atau garis.  Gunakan kaus berwarna gelap dan motif ringan jika ingin menambahkan outer seperti blazer.

3. Manfaatkan jasa penjahit

Setiap pria butuh penjahit andalan, terutama pria bertubuh gemuk. Biaya membuat satu pakaian mungkin lebih mahal tapi, hasil yang didapatkan akan sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.

Kita juga bisa memilih bahan berkualitas yang lebih awet saat memesan pakaian secara khusus.

Jika ingin memesan celana lewat penjahit, pilhlah celana dengan model full break, dengan bagian ujung celana yang menumpuk atau sedikit lebih pendek.

Untuk pemilihan jaket, gunakanlah potongan yang tajam pada bagian bahu dan ketika jaket dikancingkan, usahakan agar bagian perut tidak terlihat besar.

4. Perhatikan pemilihan bahan

Pilihlah busana berbahan ringan dan kuat. Pakaian berbahan tebal hanya akan membuat tubuh terlihat lebih besar.

Namun, pakaian berbahan tipis juga akan menonjolkan bagian tubuh kita.

Untuk pemilihan outer seperti jas, mantel atau sweater, pilihah yang menggunakan bahan wol, kasmir dan sutra, serta hindari bahan poliester.

Kain yang tebal dan murah bersifat panas dan menambah produksi keringat di tubuh. Bahan katun adalah pilihan yang tepat untuk kemeja, kaus dan chinos.

Pemakaian serat sintetis dapat menambah daya tahan dan keawetan serta menawarkan bentuk dan tahan kerutan.

Gaya sederhana adalah pilihan yang pas bagi pria bertubuh gemuk.  Kuncinya, pilihlah setelan struktural, jaket dan blaser yang seimbang dari bagian bahu hingga bagian bawah tubuh, serta memberi bentuk.

ketika memilih mantel, pilihlah yang dapat membingkai tubuh secara alami dan menyembunyikan bagian tubuh berlebih.

Cara ini juga harus diterapkan pada pemilihan celana. Jangan pernah memakai celana atletik. Ini justru membuat tubuh kita terlihat gempal, kecuali jika kita memang akan berolahraga.

Pastikan busana yang kita pakai selalu rapi dan tidak berkerut. Jika ingin menghadiri acara casual, pilih celana chino.

Tip sederhana lainnya adalah hindari menyimpan dompet atau apapun pada celana agar bagian bawah tubuh terlihat ramping.

Tips memilih item fesyen

- Setelan jas

Setelan jas yang bagus adalah investasi sehingga sebaiknya dibuat sesuai ukuran tubuh kita. Pilih setelan dengan celana panjang berpotongan low-rise, panjang kaki yang sesuai dan bagian ujung berbentuk cuffing.

Pilih jas dengan potongan tajam di bagian bahu dan hindari jas double-breasted. Jas dengan kancing tunggal yang menjadi titik fokus juga bisa membuat tubuh terlihat ramping.

- Jaket atau mantel

Memakai jaket bomber atau jaket kulit biker bisa menciptakan ilusi tubuh yang ramping dan keren.

Namun, saat cuaca panas pilihlah kemeja dengan potongan V Neck. Saat cuaca dingin mantel panjang adalah alternatif terbaik untuk tampil modis.

- Sweater

Pilih sweater berbahan wol atau kasmir untuk menciptakan ilusi tubuh ramping. Cara ini juga membuat bagian perut nampak rata.

Pilihlah sweater dengan potongan V Neck dan pola garis vertikal. Tak masalah bisa memilih sweater tebal. Tapi, usahakan memiliki ukuran yang pas.

Sweater wol dengan kancing depan juga bisa menjadi alternatif gaya. Tambahkan syal agar penampilan terlihan santai dan berkelas.

- Pakaian atas

Pilih kaus dengan potongan V Neck agar bagian leher menjadi titik fokus. Untuk kemeja, pilihlah dengan pola garis vertikal untuk menciptakan ilusi tubuh langsing.

- Celana

Jangan gunakan celana pendek atau celana kargo berkantong besar. Sebagai altetrnatif, pilihlah celana low-rise dengan potongan lebih pendek antara bagian atas pinggang dan pangkal paha.

Hindari memakai celana tepat di bawah perut karena membuat tubuh terlihat lebih panjang dan kaki lebih pendek.

- Aksesoris

Pria bertubuh besar bisa memilih aksesoris berupa suspender, yang dipakai di bawah blazer atau jas, untuk memastikan agar celana tak melorot.

Pilih busana dengan kantong kotak, pin kerah dan dasi untuk menambah warna dan pola pada tampilan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/25/105505720/tips-berbusana-untuk-pria-gemuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke