Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketika Motif Kuda Sumba Warnai Fashion Show di Athena...

Mungkin salah satu jawabannya adalah kuda poni, yang memang sudah menjadi identitas ikonik di wilayah itu.

Kehidupan di  Sumba, Nusa Tenggara Timur ternyata tidak dapat dilepaskan dari kuda.

Hal ini dapat terlihat dari motif ataupun corak kuda pada kreasi tenun dan k ain yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di sana.

Nah, motif inilah yang menginspirasi desainer Nita Seno Aji dalam sebuah fashion show yang digelar di Athena, Yunani pada 24 September 2019 lalu.

Uniknya pula, acara peragaan busana ini ditampilkan pada kegiatan Resepsi Diplomatik yang dilaksanakan oleh Kedutaan Besar RI di Athena dalam rangka memeringati HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Penampilan para peragawati yang memamerkan pakaian khas Indonesia dengan motif Sumba ini mengundang perhatian bahkan decak kagum.

Mereka tak hanya berasal dari kalangan diplomatik dan pejabat pemerintah, namun juga pengusaha dan media Yunani.

Kekaguman dapat terlihat dari kesediaan para undangan untuk tak melewatkan seluruh rangkaian fashion show, meskipun waktu jamuan makan malam telah tiba.

Selain Nita Seno Aji, terdapat pula penampilan pakaian hasil desainer Rudi Chandra yang membawakan motif pakaian etnik kontemporer.

Salah satu pengunjung Olga Chiotakis mengungkapkan kekagumannya. Dia terpikat dengan keberagaman kain Indonesia yang baru saja ditampilkan.

Menurut dia, dari ketiga desainer itu, masing-masing memiliki karakter yang berbeda, bahkan tidak mirip sama sekali.

Hal itu, kata Olga, menunjukkan betapa beragamnya corak kain Indonesia.

Kegiatan resepsi diplomatik rutin dilaksanakan setiap tahunnya. KBRI Athena selalu menyelipkan agenda promosi dalam acara semacam itu, demi mengenalkan Indonesia.

Promosi ini biasanya berbentuk pertunjukan tari, maupun penampilan pakaian Indonesia dalam fashion show seperti tahun ini.

Kegiatan yang bertema “Culturage Heritage Show” ini ditonton oleh sekitar 200 tamu undangan.

Promosi mengenai pakaian Indonesia pun tidak sampai di sini saja, namun dilanjutkan dengan pertunjukan fashion show pada 25 September 2019 bertempat di wisma Duta Besar.

Acara tersebut dihadiri sekitar 50 tamu undangan yang berada di dalam organisasi Istri-istri Duta Besar asing di Yunani dan Sahabat Indonesia.

“Sebagai perwakilan Indonesia di Yunani, KBRI selalu berusaha menyelipkan promosi mengenai Indonesia dalam berbagai kesempatan."

"Diharapkan, melalui promosi ini, masyarakat Yunani akan semakin mengenal mengenai Indonesia," kata Ferry Adamhar, Duta Besar RI untuk Yunani dalam keterangan pers-nya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/09/26/132609020/ketika-motif-kuda-sumba-warnai-fashion-show-di-athena

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke