Salin Artikel

Makna Kain Batik Tirto Tejo, Favorit Didiet Maulana

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal dengan Didiet Maulana? Lewat label miliknya, Ikat Indonesia, desainer kenamaan tanah air ini mendedikasikan dirinya untuk kelestarian kain Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Didiet mendapat kesempatan untuk merancang busana khusus untuk Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulayani.

Saat itu, Didiet menyiapkan kain batik motif Tirto Tejo untuk Sri Mulyani kenakan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara.

Saat dihubungi Kompas.com tepat di perayaan Hari Batik Indonesia yang jatuh pada 2 Oktober 2019, Didiet mengaku bahwa kain batik Tirto Tejo adalah salah satu dari kain batik favoritnya.

"Saya suka motif batik parang, terutama parang klithik. Tapi, saya juga suka motif batik Tirto Tejo. Tirto Tejo pernah dipakai Ibu Sri Mulyani saat saya mendapat kesempatan untuk mendadani beliau," ungkap dia.

Di momen itu, Didiet memadukan kain batik Tirto Tejo untuk Sri Mulyani dengan kebaya warna merah yang terinspirasi dari R.A Kartini.

"Tirto itu artinya air dan Tejo adalah cahaya. Jadi, artinya cahaya yang mengalir. Itu melambangkan kemakmuran yang terus mengalir dan optimisme," tambahnya.

"Batik bagi saya adalah memori, cerita dan kisah karena saya besar dengan batik. Dari kecil, kakek dan nenek saya selalu mengajarkan nama- nama motif batik dan kapan waktu yang tepat untuk memakainya," ucapnya.

Sebagai keturunan asli Jawa, Didiet bercerita jika dirinya selalu dididik oleh keluarganya untuk memakai pakaian dan kain khas Jawa sehingga batik telah menjadi bagian dari tradisi di keluarganya.

Lewat perayaan Hari Batik Nasional yang diselenggarakan setiap tahun, Didiet berharap agar batik yang merupakan bukti kreativitas anak bangsa ini tetap terjaga dan lestari.

Ia juga berharap agar masyarakat terus membeli produk batik khas Indonesia agar salah satu bentuk budaya bangsa ini tetap lestari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/02/210445620/makna-kain-batik-tirto-tejo-favorit-didiet-maulana

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.