Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Usaha Off-White Pakai "Zip-Tie" Jadi Merek Dagang Masih "Mentok"

Laporan baru menunjukkan pengajuan Off-White Juli 2018 untuk ikon "zip-tie" merah yang merupakan signature Off-White khas kembali mengalami kemunduran.

Seperti diberitakan laman The Fashion Law, pengacara pemeriksa USPTO, Linda M. Estrada menyatakan, detil yang diajukan Off-White jatuh benda yang bersifat fungsional.

Menurut Estrada, masalah fungsional tidak dapat didaftarkan sebagai merek dagang.

Estrada juga menunjukkan, penggunaan warna merah pada "zip-tie" Off-White, yang diklaim sebagai bagian identik dalam merek dagang itu, tidak inheren berbeda dan bisa otomatis mengidentifikasi sumber suatu produk.

Selama ini, "zip-tie" telah disematkan dalam berbagai kreasi Off-White, termasuk kolaborasi Off-White x Nike yang sedang bergulir.

Dalam keadaan seperti ini, Estrada menyatakan, "zip-tie" bisa memenuhi syarat untuk pendaftaran jika Off-White bisa memberikan bukti konsumen mudah merelasikan "zip-tie" merah ke satu sumber, yakni Off-White.

Sementara pada Juni lalu, penasihat hukum Off-White sudah menyebut, "zip-tie" merah jauh dari hal fungsional.

Dia mengatakan, aksen "zip-tie" tersebut dipasang untuk tujuan identifikasi produk Off-White," dan menjadi indikator merek.

Penasihat hukum Off-White lalu mendorong Estrada tentang pertimbangannya, kerena zip-tie adalah konfigurasi umum mengikat, yang tentu juga dapat digunakan di berbagai industri termasuk untuk pelabelan.

Selanjutnya, Office Action-Response dapat berlangsung selama tiga putaran dengan pengacara penguji yang baru, Verna Ririe yang juga menolak pendaftaran zip tersebut.

Ririe menggemakan sentimen Estrada dengan menyatakan benda "zip-tie" masih belum dapat didaftarkan karena merupakan desain fungsional.

Dia bahkan menggunakan contoh ikatan zip merah yang tersedia di banyak tempat, sehingga desain "zip-tie" Off-White memang tidak berbeda, atau pun mampu merujuk kepada sebuah merek. 

Off-White memiliki waktu enam bulan untuk menanggapi penolakan Ririe.

Setelah penasihat hukum Off-White memberikan tanggapan, USPTO bisa mengeluarkan Office Action ketiga dan terakhir, atau pun mungkin bergerak maju dalam proses pengajuan ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/16/095522820/usaha-off-white-pakai-zip-tie-jadi-merek-dagang-masih-mentok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke