Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agar Tubuh Tetap Sehat Jelang Musim Liburan

KOMPAS.com - Musim liburan akan segera tiba. Sebagian dari kamu mungkin sudah merencanakan destinasi berlibur sekaligus merayakan tahun baru.

Momen liburan natal dan tahun baru biasanya juga diwarnai dengan berkumpul bersama kerabat sambil menyantap makanan kesukaan.

Agar bisa menikmati keceriaan momen liburan, penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan. Bagaimana triknya?

1. Makan sewajarnya

Ketika makan, duduklah dan nikmati momen liburan yang sedang kamu jalani. Beri perhatian lebih pada rasa, aroma dan tekstur makanan.

Menurut Alissa Rumsey, ahli gizi asal New York sekaligus pendiri Alissa Rumsey Nutrition and Wellness, hal tersebut akan membuat tubuh kita lebih merasa puas dengan apa yang dikonsumsi.

Kita juga akan lebih mudah merasa kenyang. Sebab, sinyal kenyang baru akan diberikan oleh perut ke otak sekitar 10 menit setelahnya.

Selain itu, jangan menghadiri acara atau pesta dengan perut kosong, sebab kamu akan cenderung makan berlebih.

Untuk makanan penutup, konsumsilah hanya nakanan yang kamu sukai alih-alih mencoba semua makanan yang ada.

2. Tetap terhidrasi

Rumsey mengatakan, air mengambil peran 60 persen dari total berat badan kita dan kita perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Air juga penting untuk beberapa fungsi tubuh, termasuk menjaga cairan-cairan sel dan menghantarkan nutrisi," kata dia.

Minumlah air putih atau air infus (infused water) sesering mungkin dan batasi konsumsi minuman tinggi kalori.


3. Pilih opsi sehat

Kamu tetap bisa menikmati makanan favoritmu sepanjang liburan tanpa menambah berat badan. Caranya, adalah dengan memilih opsi yang lebih sehat. Misalnya, mengganti kentang tumbuk dengan ubi tumbuk, krim dengan yogurt, atau lainnya.

Kamu juga bisa makan lebih banyak sayuran serta mengonsumsinya dalam bentuk smoothie sebagai camilan.

"Aku biasa menyarankannya pada klien, karena cara ini lebih menyenangkan daripada mengonsumsi satu porsi utuh. Jika tidak punya waktu membuatnya, kamu bisa mencarinya (smoothie) di restoran atau toko," kata pakar gizi dan diet, Samantha Cassetty.

4. Tetap berolahraga

Menyisipkan waktu olahraga di tengah libur panjang mungkin menjadi sesuatu yang agak sulit. Untuk tetap termotivasi, buatlah perencanaan olahraga di antara waktu liburanmu.

Kamu bisa memperpendek durasinya, misalnya mengakali durasi olahraga yang biasanya 30 menit menjadi 15 menit, namun dilakukan pagi dan malam hari.

Kamu juga bisa melakukan jalan kaki dua kali sehari. Intinya adalah memecah waktu olahraga menjadi lebih kecil dengan interval durasi yang bisa menyesuaikan jadwalmu.

Jika tak punya waktu pergi ke gym, kamu bisa berolahraga di rumah dengan memanfaatkan tutorial olahraga di internet atau aplikasi.

5. Meningkatkan sistem imun

Menurut Cassetty, konsumsi buah-buahan dan sayuran berbagai warna adalah salah satu kebiasaan baik yang bisa dibangun untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita.

"Ini akan memastikan kita mendapatkan nutrisi untuk meningkatkan sistem imun, termasuk Vitamin C dan A," kata dia.

Selain itu, konsumsilah kacang-kacangan dan biji-bijian secara rutin untuk menangkal penyakit.

Sebab, kedua sumber tersebut mengandung mineral yang mampu meningkatkan imun, seperti seng dan selenium.

Terakhir, jangan lupa menjaga tubuh tetap terhidrasi dan istirahat cukup. "Kurang tidur bisa melemahkan sistem imun," ucap Rumsey.


6. Meluangkan waktu untuk memerhatikan diri

Jangan biarkan kesibukan di momen liburan merenggut kesehatan mental dan emosionalmu.

Jangan lupa meluangkan waktu untuk tetap memanjakan dirimu sendiri dengan kegiatan kesukaanmu.

Seperti berbelanja, bermeditasi, nonton film, atau bersosialisasi. Lakukanlah setidaknya satu kali sehari hal yang membuatmu bahagia. Selain itu, jangan lupa untuk tidur cukup.

"Kurang tidur bisa mengubah kadar hormon dengan cara yang memicu kenaikan berat badan. Kurang tidur juga bisa membuat kita menginginkan makanan yang kurang sehat."

Jadi, usahakan tidur setidaknya tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malamnya.

7. Mengubah pola pikir

Ketika menjalani momen liburan, seringkali kita menerapkan prinsip "sekarang atau tidak sama sekali". Misalnya, ketika menyantap masakan tertentu.

Ingatlah, bahwa kamu bisa mengontrol diri dan bisa makan tidak hanya saat liburan saja. Usahakan untuk tetap menerapkan pola makan sehat.

"Semakin konsisten dengan kebiasaan sehat, maka perasaanmu akan semakin baik. Tak hanya saat liburan, namun juga ketika liburan berakhir," ucapnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/16/211852620/agar-tubuh-tetap-sehat-jelang-musim-liburan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke