Salin Artikel

Cerita Indra Herlambang, dari Bocah Introvert Jadi Presenter Kondang

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok Indra Herlambang sudah tidak asing di mata publik. Indra sudah cukup lama malang melintang di layar kaca sebagai presenter maupun penyiar di radio.

Namun, siapa sangka lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini ternyata merupakan bocah introvert semasa kecil.

"SD saya pemalunya setengah mati, ngomong di depan kelas presentasi pasti suara gemeteran, udah pasti diam, takutnya parah sekali," kata Indra ketika ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Namun, seiring bertambahnya usia Indra mulai berusaha keluar dari zona nyamannya. Ketika duduk di bangku SMP, Indra banyak mengamati lingkungan sekitarnya dan melihat bahwa banyak teman-temannya yang sukses di pergaulan karena berani dan jago berbicara.

Di situ lah ia mulai melatih keberaniannya berbicara di depan publik. Ketika duduk di bangku SMA, Indra bergabung dengan majalah sekolah yang memaksanya harus bisa mewawancarai orang. Ia kemudian semakin terbiasa berbincang dengan orang lain.

Bahkan, ketika duduk bangku kuliah di tahun 1996, Indra memberanikan diri mengambil tawaran menjadi penyiar radio.

"Jadi sepertinya kita semua harus tahu apa yang kita dapatkan dengan jago bicara. Kalau sudah tahu, itu pasti mau enggak mau kita menghadapi ketakutan-ketakutan kita," ungkap presenter yang namanya melambung lewat program Insert itu.

Meski begitu, bekal menjadi penyiar radio ternyata belum cukup membuat Indra berani tampil di depan publik menjadi seorang pembawa acara.

Pekerjaan demi pekerjaan membawakan acara ditolaknya, karena alasan takut muncul di depan orang.

Hingga pada akhirnya, di tahun kelima menjadi penyiar ia akhirnya menerima tawaran menjadi pembawa acara.

"Itu kayaknya sudah benar-benar terpaksa banget karena butuh uang. Terus kok gede ya (bayarannya) dibanding siaran radio," selorohnya.


Rajin praktik

Indra mengatakan, berkaca dari pribadinya yang introvert saat kecil, semua orang pasti bisa menjadi pembicara publik (public speaker).

Untuk menjadi seorang pembicara publik yang handal, penting bagi kita untuk terus-menerus melatih diri dengan praktik serta mencari sumber ilmu sebanyak-banyaknya.

Salah satunya melalui kelas public speaking, seperti CommPassion, sekolah public speaking yang didirikan Indra bersama beberapa rekan presenter lainnya, di mana setiap murid bisa belajar teori dan praktik berbicara di depan publik.

"Mencoba itu yang penting. Kalau di kelas yang isinya 50 orang berani, pedenya kan pasti nambah. Jadi saran saya belajar, belajar, dan belajar," ungkapnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/03/142258720/cerita-indra-herlambang-dari-bocah-introvert-jadi-presenter-kondang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.