Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cemas karena Pandemi Itu Wajar, tapi Perlu Dikendalikan

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 mengubah kehidupan banyak orang. Kini kita harus berkegiatan di dalam rumah jika tak mau terpapar virus corona, entah kapan bisa berkumpul lagi secara fisik dengan keluarga dan teman.

Sampai saat ini para ahli masih belum berhasil mengalahkan virus corona baru ini. Dunia seakan tak berdaya dan belum jelas kapan wabah ini akan berakhir.

Tak heran jika banyak orang merasa cemas menghadapi pandemi. Di berbagai negara para ahli melaporkan kenaikan gangguan kecemasan dan memerlukan bantuan konseling, tak terkecuali di Indonesia.

Menurut data Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), tiga masalah psikologis utama yang dialami orang Indonesia pada saat ini adalah cemas, depresi, dan trauma psikologis.

Data tersebut diambil dari swaperiksa yang dilakukan 1.522 orang di situs PDSKJI.org.

Gejala cemas utama yang dialami misalnya kuatir berlebihan, merasa sesuatu yang buruk akan terjadi, mudah marah atau jengkel, serta sulit merasa rileks.

Sementara itu, gejala depresi yang banyak dialami responden antara lain gangguan tidur, kurang percaya diri, lelah dan tidak bertenaga, serta kehilangan minat.

Trauma psikologis terjadi karena mengalami atau menyaksikan peristiwa tidak menyenangkan terkait Covid-19. Gejala stres pascatrauma yang menonjol antara lain merasa berjarak dan terpisah dengan orang lain, serta merasa terus waspada dan berhati-hati.

Apa yang bisa dilakukan?

Dalam pandemi seperti sekarang, kita tak hanya harus memperhatikan kesehatan fisik, tapi juga jiwa. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meredakan kecemasan dan kita bisa mengawalinya dengan menerima situasi ini sebagai realitas.

Menurut psikiater dr.Andri Sp.KJ, jika kita merasa kesepian, carilah cara untuk terhubung dengan orang lain.

“Panggilan video call dengan teman dan keluarga dapat membantu mengalahkan perasaan terisolasi,” katanya.

Bicarakan tentang kekhawatiran kita. Ingatlah bahwa ini adalah waktu yang sulit bagi semua orang dan berbagi perasaan kita dan hal-hal yang kita lakukan untuk mengatasinya dapat membantu banyak orang juga.

Ia juga menyarankan untuk untuk mengelola perasaan yang sulit.

“Cobalah untuk fokus pada hal-hal yang dapat kita kendalikan, termasuk dari mana kita mendapatkan informasi dan tindakan untuk membuat diri kita merasa lebih siap,” papar dokter dari RS Omni Alam Sutra Tangerang ini.

Membatasi diri dari paparan informasi yang menyedihkan di media dan juga media sosial merupakan cara lain untuk mengurangi ketegangan selama di rumah.

Jika kita ingin mencari informasi, dapatkan dari sumber terpercaya sehingga jika kita ingin mengambil tindakan pencegahan infeksi, semua dilakukan secara wajar.

Saat merasa bosan, lakukan hal-hal yang biasanya tidak bisa kita nikmati karena sibuk. Kita bisa mencoba rutinitas baru, seperti memasak, menata ulang furniture di rumah, atau berkebun.

Andri juga menyarankan untuk sekali sehari keluar rumah melihat ruang terbuka hijau bisa dilakukan jika memungkinkan.

Jika kita tidak bisa keluar, kita dapat mencoba untuk mendapatkan efek positif ini dengan menghabiskan waktu dengan jendela terbuka, atau mengatur ruang untuk duduk dan melihat pemandangan dan mendapatkan sinar matahari alami.

“Kita menyadari bahwa hal ini mungkin akan masih lama kita harus lalui. Jaga kesehatan jiwa dan raga kita dengan baik di masa pandemi ini akan membuat kita lebih baik lagi ke depannya,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/27/183039620/cemas-karena-pandemi-itu-wajar-tapi-perlu-dikendalikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke